Rabu, Mei 23, 2018

Cerita Nostalgia Pondok Ramadan dan Senangnya Menyambut Lebaran

  6 comments    
categories: 
Saat momen Ramadan seperti sekarang ini, rasanya ingatan selalu dibawa lari ke momen di mana-dengan-terpaksa-saya-harus-rela ikut pondok ramadan di salah satu pondok pesantren yang ada di Kediri.

Percaya gak percaya, dulu saat kelas 3 dan 4 SD it means tahun 2000-2001an, saya sempat ikut pondok ramadan di Pondok Sumbersari, Kencong, mungkin ada yang pernah dengar. Nah, jangka waktunya 25 hari terhitung sejak hari pertama puasa sampai malam ke 25, karena tanggal 25 di bulan Ramadan itu kan tanggal yang ekstra.
[Ilustrasi Pondok]
Mungkin teman- teman merasa bingung, emang gak sekolah umum? Kalau gak salah ingat nih ya, dulu pada tahun itu Gus Dur menjabat sebagai presiden dan selama bulan puasa sekolah diliburkan secara penuh. Asik banget kan.

Ohya, sebelumnya saya tidak pernah mengecap sekolah islam atau pondok- pondokkan. Paling banter hanya ngaji tiap sore di masjid dekat rumah. Histori sekolah saya juga semuanya negeri dan tidak ada islam-islamnya.

Jadi saat orang tua menawarkan ke saya untuk ikut pondok ramadan, reaksi saya adalah memberontak. Kebayang gak sih bakalan kayak gimana di pondok pesantren itu? Gak bisa nonton tv, gak bisa santai- santai. Rencana saya ikut pondok ini juga karena ada dua kakak sepupu saya yang tiap tahun selalu mondok di tempat ini saat ramadan tiba. Jadilah saya diajak juga.

Meski berontak, pada akhirnya saya masuk juga dan tentunya dengan drama nangis- nangis gak mau ditinggal pulang sama orang tua. Kalau ingat dulu itu, rasanya malu sekali. Hahaha. Pas hari pertama nangis- nangis kayak orang paling menderita, tidur nangis, sholat nangis, buka puasa nangis, pokoknya penuh derai air mata.

Tapi lama- lama bisa menikmati juga. Gambaran pondok ini sebenernya sama aja kayak pondok pada umumnya, tembok tinggi, santri dipisah, apa- apa dibatasi. Mandi harus antre, makan antre, semuanya harus penuh toleransi. Tapi ternyata disitu letak pembelajarannya yang bisa saya pegang sampai sekarang.

Kegiatan di pondok sehari- hari juga flat gitu- gitu aja, pagi setelah ibadah subuh mengaji sampai jam 6 pagi, kemudian dilanjutkan kultum dan mengaji kembali, ibadah dhuhur, mengaji lalu istirahat, dilanjutkan ibadah ashar dan mengaji. Asiknya sih saya bisa cepat selesai ngajinya.

Nah, yang paling menyenangkan dari kegiatan pondok adalah belanja takjil untuk berbuka. Kenapa? Karena cuma di waktu ini punya kesempatan untuk melihat dunia luar pondok. Kegiatan seperti itu berulang terus setiap hari. Dulu sih saat kelas 3 saya bisa full 25 hari, tapi pas udah kelas 4 gak sampai 25 hari udah merengek pulang. Kelas 5 ditawari lagi buat ikut pondok pesantren selama ramadan, saya gak mau. Haha.

Manja? Bangeeeet. Hehehe. Padahal cuma 25 hari aja, tapi udah gak betah. Gimana kalau tahunan kan ya. Makanya salut banget sama teman-teman lulusan pondok pesantren yang bisa istiqomah menjalani studinya di pondok.

Nah kalau udah ramadan hari 25 kan pulang tuh, biasanya ibu akan langsung ngajak ke toko buat beli perlengkapan lebaran, baju, sepatu sandal, dan kue- kue kering. Pokoknya seneng banget!.

Sekarang ini udah makin gede jadi jarang beli- beli baju dan sepatu pas mau lebaran, soalnya udah bisa beli kapan aja dan gak harus nunggu lebaran dulu. Apalagi kalau mau belanja juga udah bisa kapan saja dan cukup di rumah aja. Thanks to technology.

Nah, kalau bicara soal belanja- belanja dan mau dekat lebaran, biasanya yang paling antusias adalah para cewek dan mamak- mamak nih, tak terkecuali saya. Apalagi sekarang ini di mana- mana juga lagi banjir diskonan dan promoan, salah satunya di e- commerce kesayanganku, Tokopedia.

Jadi udah pada tahu kan kalau Tokopedia punya acara Ramadan Esktra di tanggal 25 Mei nanti, nah ada banyak keseruan serta promo yang ditawarkan, dan lagi dikemas dalam beberapa rangkaian, antara lain :

1. SEMARAK RAMADAN EKSTRA - Kejutan Diskon 99% (24 Mei 2018)
Untuk menyemarakkan ramadan ekstra ini, ada kejutan diskon up to 99% yang bisa didapat dengan cara shake- shake kejutan (hadiah). Caranya mudah banget cukup dengan buka aplikasi Tokopedia di waktu yang sudah ditentukan dan jangan lupa “Shake-Shake” gawaimu.

Gak cuma itu saja, kamu juga bisa menyaksikan countdown “Ramadan Ekstra, Kejutan Belanja Online” tanggal 24 Mei 2018  pukul 20.30 WIB dan disiarkan langsung di beberapa stasiun teve, seperti NET, MNC TV, dan Trans7.

Pastinya acara ini juga didukung oleh penampilan artis papan atas Indonesia dan juga peragaan busana yang berkolaborasi dengan merk fashion eksklusif di Tokopedia. Nah, kalau nanti kamu mupeng sama baju- bajunya, kamu juga bisa beli tuh langsung lewat aplikasi Tokopedia.

2. RAMADAN EKSTRA - Kejutan Belanja Online (25 Mei 2018)
Ini nih yang ditunggu- tunggu, di tanggal 25 Mei nanti kita bisa dapat lebih banyak kejutan. Kita masih bisa Shake- Shake seperti sebelumnya, bahkan bisa 5 kali dalam satu hari. Selain nanti kalau beruntung bisa dapat berbagai macam promo, kita juga bisa dapat hadiah utama Toyota Yaris yang disikon 99%!.

Selain Shake- Shake juga ada flash sale, kalau flash sale udah pasti harganya bakalan miring semiring- miringnya kan. Ada juga Save My Coupon, saya sebagai pengguna Tokopedia juga ngumpulin tuh kupon- kupon promonya, nanti pas tanggal 25 Mei mau dipakai biar bisa dapat promonya makin ekstra.

Gak cukup itu aja, Tokopedia ternyata juga ngasih promo lain seperti ekstra cashback untuk berbagai macam produk di marketplace dan produk digital yang tentunya milik brand eksklusif.

Wah, ekstra banget gak sih ramadan dari tahun ke tahun? Bisa belanjain seluruh keluarga besar kalau gini ceritanya kan. Jadi gak cuma diri sendiri yang senang menyambut lebaran, tapi juga semua keluarga besar!.

Kalau kamu pengen beliin keluarga besarmu juga, kamu bisa cek kegiatan Ramadan Ekstra Tokopedia di: https://www.tokopedia.com/ramadan/ dan https://www.tokopedia.com/discovery/semarak-ramadan-ekstra. 

Selamat berbelanja!


6 komentar:

  1. Aku pengin beli yang serba 99 persen... penasaran nih ada apa aja ya.. Kalau baju-baju ada yang diskon, biar borong-borong gitu deh...

    BalasHapus
  2. wah Tokopedia ya, keren banget nih diskon dan kejutannya, mulai hari ini ya, duh wajib pantengin HP nih

    BalasHapus
  3. Gak sabaran kali kakak nunggu tanggal 24 dan 25 mei ini dek, dah banyak yang di pilih2 dari toped :)

    BalasHapus
  4. saya belom pernah ikut pesantren ramadhan
    dulu waktu SMA ada diadakan di sekolah
    tp sy ga bisa ikut krn hrs bantu ibu jualan
    oh ya...ga sabaran nih nunggu diskon toped

    BalasHapus
  5. Aku nungguin flash sale aja deh. Tapi jam berapanya gak dikasih tahu ya.

    BalasHapus
  6. wah, hari ini terakhir ya...... semoga beruntung. Acara semalam seru banget ya..... sayang, belum beruntung

    BalasHapus

Keep Blogwalking!