Pengalaman Mengurus Balik Nama Kendaraan

Gambar
Halo hai.. Bagaimana kabarnya teman-teman pembaca? Semoga selalu diberi kesehatan ya untuk kita semua. Baik kesehatan fisik maupun mental, karena musim pandemi seperti sekarang rasanya banyak orang yang bersedih hati.

Ohya ini juga pengalaman pertama saya mengurus ini. Jadi sempat deg-degan juga. Takut gimana-gimana gitu. Haha.. We know yah, birokrasi. heee
Oke simak ya, semoga sedikit informasi ini dapat membantu teman-teman yang membutuhkan.
Awalnya kalian datang ke kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (disingkatnya Samsat). Nah, baru tahu juga? haha sama! Kalau versi keminggrisnya dalah One-stop Administration Services Office.   Intinya dalam satu gedung itu ada sistem administrasi yang tujuannya untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan masyarakat. Gitu.
Nah, di Samsat ini kita bisa melakukan banyak hal yang berkaitan dengan surat menyurat kendaraan. Tujuan saya kali ini adalah untuk mengurus balik nama kendaraan roda dua a k a sepeda motor Vario 125, kesayanga…

Tips Ampuh Membasmi Kutu pada Kucing untuk Kesehatan Hewan Peliharaan


[Dibuat dengan Canva]
Tips ampuh membasmi kutu kucing - Memiliki hewan peliharaan bagi setiap orang merupakan sebuah kesenangan sendiri, karena hewan yang kita pelihara di rumah dapat menyerap aura negatif dan mengubahnya menjadi aura positif.

Contohnya saja dengan memelihara kucing. Simpelnya, hewan ini lucu dan menggemaskan. Sehingga dapat memperbaiki mood kita yang buruk.

Memutuskan untuk memelihara hewan di rumah artinya harus siap juga untuk berkomitmen. Bagi saya pribadi tidak mudah untuk konsisten dengan komitmen tersebut. Perlu banyak pertimbangan untuk mengambil keputusan memelihara hewan. Karena sebetulnya memiliki hewan peliharaan di rumah tidak sesimpel memberinya makan saja.

Banyak hal lain yang perlu dipikirkan, seperti tempat pakan dan minumnya, tempat buang airnya, budget untuk pakan dan kebutuhan obat-obatan semacam obat cacing dan sejenisnya, keperluan mandi seperti shamponya, dan yang pasti kesehatannya.

Kesehatan kucing ini tentu berhubungan dengan fisiknya, termasuk bulunya juga. Nah, beberapa kali saya berkesempatan mendapatkan kucing hasil pemberian teman, karena saya tidak pro jual beli kucing. Kondisinya saat pertama kali datang pasti ada saja kasusnya.
[Kutu kucing yang mematikan]

Paling sering scabies atau lebih familiar dengan kudis. Scabies ini disebabkan oleh kutu atau tungau yang hidup subur di tubuh kucing. Tungau scabies ini disebut dengan Sarcopates atau kutu scabies. Hal ini menyebabkan kulit kucing menjadi luka dan tumbuh jamur (kerak).

Nah, bahaya banget kan kutu yang hidup di tubuh kucing ini. Maka perlu usaha ekstra untuk membasminya. Selain itu kalau kucing yang kita pelihara memiliki kutu, sudah dapat dipastikan akan sering menggaruk tubuhnya untuk mengurangi rasa gatal.

Rata-rata hewan yang memiliki kutu, bulunya sudah pasti akan banyak rontok. Hal ini tentu mengganggu banget kan. Belum lagi kalau kucing tersebut sering naik ke sofa, karpet atau bahkan kasur kita. Kebayang kan bulunya rontok bahkan kutunya menempel di bantal kita? Hiiiii..

Scabies yang disebabkan oleh kutu ini harus segera ditangani karena dapat menyebabkan kematian pada kucing jika sudah parah. Banyak kasus anak kucing yang tertular kutu oleh induknya tidak dapat survive karena nutrisi yang seharusnya diserap tubuh kucing berpindah ke kutu.

Nah berikut ini ada tips yang ampuh banget untuk membasmi kutu pada kucing atau pada hewan peliharaan kita.

Menyembuhkan Scabies
Jika kucing scabies parah, maka sebaiknya disembuhkan dulu jamurnya. Cara paling mudah diobati dengan VCO atau salep. Pengalaman saya mengobati kucing dengan scabies adalah dengan obat scabies cream.

Namun jika sudah sangat parah harus segera dibawa ke drh untuk disuntik supaya lekas rontok scabiesnya. Nah, kalau sudah rontok dan tidak ada bekasnya baru lanjut ke tahap memandikan kucing.


Rajin memandikan kucing
Treatment untuk kucing yang memiliki kutu memang sedikit membutuhkan tenaga ekstra. Karena kita wajib rajin memandikan kucing-kucing tersebut, maksimal 2 kali dalam seminggu. Hal ini untuk meminimalisir kutu kembali berkembang biak.

Selain itu juga jangan lupa untuk memisahkan kucing dengan kucing lain yang memiliki kutu, supaya tidak terjadi proses menularkan kutu. Percuma dong kalau kita mati-matian membasmi kutu pada tubuh kucing peliharaan kita, tapi kucingnya masih sering main sama kucing lain yang punya kutu.

Cuci semua perlengkapan kucing, baik kandanganya, sofa tempat tidurnya (jika ada), tempat makannya dengan cairan steril atau air hangat. Perlakuannya sama dengan saat membersihkan lingkungan dari virus mematikan kucing, calicy.

Nah, kalau pembersihan kucing sudah beres dilakukan, sekarang saatnya membersihkan lingkungan sekitar rumah. Baik itu sofa, gorden, karpet dan semua tempat yang sekiranya pernah digunakan bermain oleh kucing.

Hal ini dikarenakan kutu kucing dapat bertelur di sana. Untuk membasminya kita perlu alat penyedot debu. Selain itu juga jangan lupa untuk membersihkan lantainya juga. Paling ampuh adalah dengan cairan pembersih lantai karbol yang memiliki kandungan zat aktif anti bakteri.

Setelah semua dilakukan, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan hewan peliharaan dan lingkungan rumah. Supaya kutu tak lagi berani kembali. Kesehatan hewan peliharaan juga berpengaruh terhadap kesehatan seluruh anggota keluarga, begitu juga sebaliknya.

Jadi selalu jaga kebersihan ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Crayon Beserta Kekurangan dan Kelebihannya yang Perlu Diketahui

Cara Cek Usia Kartu Indosat

Review Milk & Honey Gold Nourishing Oriflame