SAHAJA, Mengurus Dokumen Kependudukan bisa Satu Hari Saja

Januari 18, 2022


No Drama No Ribet,
itulah yang saya rasakan saat melakukan pengurusan dokumen kependudukan beberapa waktu yang lalu di tempat tinggal saya, Kabupaten Kediri. Sejak adanya aplikasi SAHAJA yang diluncurkan oleh pemerintah Kabupaten Kediri beberapa waktu yang lalu, gak ada lagi ceritanya ngurus dokumen nunggu sampai berbulan-bulan.

Jadi begini ceritanya, di bulan Oktober 2021. Saya dan Ilham pulang ke rumah Probolinggo, pasca saya menjalani operasi miomektomi di bulan Agustus. Memang punya rencana untuk pulang ke ibu mertua karena terakhir kali saya ke sana bulan April.

Artinya sudah setengah tahun saya tidak berkunjung ke ibu karena menjalani proses pengobatan, hitung-hitung recovery di kampung halaman suami meskipun hanya 5 hari. Di waktu yang lumayan sempit itu, kami juga sekalian mengurus dokumen pindah domisili Ilham.

Baca Juga : Bikepacker ke Probolinggo

Jujur saja, saat baru-baru menikah kami sengaja menunda mengurus dokumen kependudukan karena agak pesimis untuk urusan pembaharuan dokumen. Pasti akan lama, butuh waktu panjang dan bla bla bla, apalagi kami berdua sama-sama bekerja.

Tapi ganti opini selepas proses sakit - pengobatan - recovery. Kami mengesampingkan pikiran ribet dan drama yang mungkin akan kami jalani nantinya. Pokoknya harus segera diurus! Titik.

Ohya, kasus saya menikah dengan orang yang berbeda domisilinya, jadi hal pertama yang harus kami urus adalah mengurus surat pindah domisili Ilham dari Probolinggo ke Kediri. Saat itu belum bisa jadi karena ada keributan demo bupati Probolinggo.

Akhirnya, Ilham memutuskan untuk menitipkan berkas tersebut ke saudaranya. Benar saja, ga sampai dua minggu pembuatan surat pindah domisili dan Kartu Keluarga baru untuk ibu mertua sudah beres.

Setelah itu saya yang mulai gerak, saya datang ke balai desa untuk menghimpun informasi tentang persyaratan dan kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk mengurus Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk. Semuanya saya catat dan print. Gunanya untuk checklist dokumen mana yang sudah ada dan belum.

Prosesnya mudah sih, setelah dokumen lengkap. Saya bawa ke balai desa dan oleh admin diuruskan pendaftarannya untuk nantinya diproses dengan aplikasi SAHAJA. Gak lama setelah itu, saya mendapat berkas untuk dibawa pulang dan perlu saya Ilham dan bapak saya tanda tangani. 

Selain itu, saya juga dapat surat pendaftaran untuk datang ke kecamatan dengan membawa dokumen yang sudah siap. Jadi, nantinya dengan kelengkapan dokumen ini, kami akan mendapatkan pembaharuan dokumen sebaga berikut :

1. Kartu Keluarga orang tua saya, karena saya dikeluarkan dari KK lama,

2. Kartu Keluarga saya dan Ilham,

3. KTP saya dan Ilham.

Jadi, kalau kamu mengurus dokumen dengan dibantu petugas desa, sampaikan maksudmu dengan jelas ya. Kamu perlu mengurus apa saja, supaya sekali jalan. Karena dengan adanya aplikasi SAHAJA ini, kita harus datang ke kantor kecamatan sesuai dengan jadwal yang sudah disediakan.

Seandainya kamu datangnya melewati tanggal yang ditentukan, maka harus mengulang pendaftaran dar awal lagi. Antrean jadwal kami saat itu berselang seminggu dari hari mengurus dokumen di balai desa.

Saat datang ke kantor kecamatan, kami didata dan dicek dokumen yang kita bawa. Kemudian jangan lupa, kartu vaksin juga sempat ditanyakan. Pengurusannya cepat, hanya dicek dan dicek saja, saat itu kami juga bertemu langsung dengan pak Camat. Istilahnya diinterview langsung oleh beliau.

Setelah selesai, berkas dibawa ke loket SAHAJA, dicek ulang dan di minta untuk menuliskan nomor telepon yang tersambung dengan WhatsApp. Selesai? Iya, untuk prosesnya hanya seperti itu saja. Kemudian kami pulang.

Nah, di sore harinya saya mendapat pesan dari nomor yang menginfokan tentang KK orang tua dan KK kami. Waktu itu ada beberapa kekeliruan, seperti nama kami berdua yang dibubuhi gelar, pekerjaan suami masih keliru.

Tapi ga perlu khawatir, soalnya kita bisa langsung revisi melalui chat saja. Saat itu kami juga menambahkan golongan darah masing-masing. Gak pakai lama, KK baru sudah terbit dan bisa kita simpan serta cetak sendiri.

Dalam pesan WhatsApp itu, kami juga diinfo mengenai KTP yang sudah berhasil dicetak dan dapat diambil keesokan harinya pada jam dinas. Cepet banget kan? KK dan KTP bisa 1 hari jadi.

Kalau pakai aplikasi, malah lebih mudah lagi ya bestie. Gimana,  No Drama No Ribet kan? Sama kayak Smartfren nih bestie, yang bulan ini menghadirkan promo unlimited baru dua kali lebih besar FUPnya. Promo ini hadir untuk generasi masa kini supaya selalu keep connected.

Di zaman yang serba online-online ini emang perlu banget kan internet yang lancar dan besar quotanya. Kalau Smartfren emang selalu bikin nyaman pengguna setianya untuk bisa melakukan berbagai macam kegiatan digital, seperti belajar daring, streaming dan bermain games.

[Sc : https://www.smartfren.com/explore/product/unlimited/]

Untuk menikmati manfaat dari double FUP ini kita bisa mendapatkannya dengan beberapa pilihan paket, dan bisa kita dapatkan mulai tanggal 12 Januari 2022. So, choose your fighter :

[Sc : https://www.smartfren.com/explore/product/unlimited/]



[Sc : https://www.smartfren.com/explore/product/unlimited/]

[Sc : https://www.smartfren.com/explore/product/unlimited/]

Selain itu, saat kita membeli paket-paket ini, kita juga dapat mengumpulkan SmartPoin yang dapat ditukar dengan berbagai macam hadiah. Mulai dari produk F&B, bisa tukar jadi paket data, atau beli items di game Mobile Legend atau Free Fire, dan ya masih banyak hadiah menarik lainnya lagi.

Selamat untuk launchingnya program baru Unlimited Double FUP dari Smartfren, semoga bisa semakin bikin nyaman pelanggan setianya. Juga selamat untuk UN1TY yang sebagai Brand Ambassador Smartfren.

Baca Juga : Buka Peluang dengan Join UN1TY Frenzone Challenge

Smartfren menggandeng UNTY karena grup ini memiliki semangat yang sama dalam kokreasi dan berkolaborasi. Hal ini semakin menguatkan Smartfren sebagai brand yang membuka peluang dan mendukung industri kreatif. Semakin menginspirasi lebih banyak orang untuk terus berkarya.



You Might Also Like

1 comments

  1. Wih mantep, nih, ini yang biasanya dibutuhkan saat pindah rumah. Biasanya pengurusan dokumen seperti ini memakan waaktu yang lama, kalau satu hari saja pasti mantep nih.

    BalasHapus

Keep Blogwalking!

ABOUT ME

ABOUT ME
I'm Silviana Noerita. a human write about random things and travel journal. Based in Kediri, ID.

LIKE US ON FACEBOOK