Pengalaman Mengurus Balik Nama Kendaraan

Gambar
Halo hai.. Bagaimana kabarnya teman-teman pembaca? Semoga selalu diberi kesehatan ya untuk kita semua. Baik kesehatan fisik maupun mental, karena musim pandemi seperti sekarang rasanya banyak orang yang bersedih hati.

Ohya ini juga pengalaman pertama saya mengurus ini. Jadi sempat deg-degan juga. Takut gimana-gimana gitu. Haha.. We know yah, birokrasi. heee
Oke simak ya, semoga sedikit informasi ini dapat membantu teman-teman yang membutuhkan.
Awalnya kalian datang ke kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (disingkatnya Samsat). Nah, baru tahu juga? haha sama! Kalau versi keminggrisnya dalah One-stop Administration Services Office.   Intinya dalam satu gedung itu ada sistem administrasi yang tujuannya untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan masyarakat. Gitu.
Nah, di Samsat ini kita bisa melakukan banyak hal yang berkaitan dengan surat menyurat kendaraan. Tujuan saya kali ini adalah untuk mengurus balik nama kendaraan roda dua a k a sepeda motor Vario 125, kesayanga…

Jangan Lupa Beli Oleh- Oleh Ini Kalau Ada di Kabupaten Kediri

"Taukah kamu, kalau punya produk unggulan yang berasal dari Mangga Podang ?" - twitt ini baru saja saya lempar ke linimassa, di retwitt oleh akun KabKediri, lalu banyak yang nanyain. 

Apa motivasi saya bilang demikian ? 

Jawabannya adalah :

Saya mau bantu Kepala Bidang Industri di Koperindag dan pengusaha industri pengolahan untuk mengenalkan produk olahan mangga yang sebenarnya sudah ditetapkan oleh Kementrian Perindustrian tahun 2013 sebagai icon Kabupaten Kediri. Sudah itu saja, titik.

Awalnya saya hanyalah mahasiswa yang sedang menempuh satu mata kuliah skripsi dengan jumlah 6 SKS (Sistem Kredit Semester) untuk memenuhi persyaratan kelulusan dari sarjana strata 1.  Saya berminat untuk menganalisis tentang strategi perkembangan industri pengolahan mangga podang yang ada di Kediri, karena yang saya tahu Kediri memang icon nya adalah Mangga Podang, selain Tahu Poo tentunya. Sayangnya, olahan mangga podang nasibnya tidak se- jaya, tahu poo yang sudah melang-lang buana dikenal dimana- mana. Asal tahu saja, Kediri itu ada 2. Kediri kota dan Kediri Kabupaten. Kediri kota, icon nya adalah Tahu Poo/ biasa dikenal dengan tahu takwa (tahu kuning). Sedangkan Kediri Kabupaten, punya icon yaitu mangga podang. 

Gimana ceritanya bisa gitu ? 

Begini, menurut penuturan dari Kepala Bidang Industri yang saya temui beberapa hari yang lalu, mangga podang oleh Kementrian Perindustrian sudah ditetapkan sebagai Kompetensi Inti Industri Daerah (KIID) pada tahun 2013, namun sayangnya belum ada feedback atau sikap yang oke dari pemerintah daerah. Intinya belum ada tanggapan serius untuk ini.

Saat menentukan komoditi ini, FGD (Focus Group Discussion) sudah rapat 3 kali, dan hasilnya tetap mangga podang sebagai produk unggulan Kabupaten Kediri. Alasannya ? Mangga Podang yang ada di Kediri karakteristiknya berbeda dengan mangga podang di tempat lain, misalnya ada serat seperti tepung di dalam buah, sehingga apabila dikonsumsi di pagi hari, bahkan saat belum makan pagi tidak akan menyebabkan sakit perut, selain itu warna kulitnya juga cantik.

Nah, permasalahannya. Mangga podang di Kediri, produktivitasnya hanya 3- 4 bulan dalam 1 tahun. Yaitu pada bulan Oktober- Desember. Pada masa panen seperti ini, jumlah mangga podang sangat melimpah, sehingga harga anjlok. Selain itu juga banyak sekali mangga yang busuk karena tidak laku. Melihat permasalahan ini, muncul Kelompok Tani di Dusun Sumberbendo Desa Tiron Kecamatan Banyakan. Kelompok Tani Wanita Budidaya Tiron Makmur. 

Mereka memiliki inovasi dengan menjadikan mangga podang menjadi produk olahan yang dapat  bertahan lebih lama dibanding buah mangga segar. Sayangnya orang Kediri kurang tahu nih, makanya industrinya terancam tutup karena industri ini masih kesulitan pemasaran. Padahal produknya sudah sampai di luar Jawa bahkan sampai di Malaysia dan Singapura loh. Wah!

Yuk, masyarakat Kediri khususnya, kita bantu UKM yang ada di Kediri supaya lebih maju, bukan hanya untuk Kelompok Tani lho, tapi untuk Kabupaten kita!


 Minuman Sari Mangga

 Dodol Mangga Ukuran Besar

 Keripik Buah

 Dodol Mangga Ukuran Kecil

 Manisan Jelly Mangga

 Pure Mangga

Syrup Mangga

Kalau pengen tau kayak apa rasanya bisa langsung datang ke Bu Luluk di Dsn. Sumberbendo Desa Tiron Kecamatan Banyakan | 081-331-528-907 atau bisa melalui saya karena saya masih sering bolak balik kesana untuk penelitian. 

Ohya, produk dari Kelompok Tani ini sudah ada di beberapa outlet di Sri Ratu, Golden, Koperasi Kampung Inggris Pare, dan toko Kadin di Katang. 

Bantu UKM supaya lebih maju dan berjaya. 

Komentar

  1. wah kapan kapan mampir ke kediri nih :D

    BalasHapus
  2. saya belum pernah mampir di kediri, :)

    BalasHapus
  3. Beuuhh, semoga bisa nyicip makanan ini *sambil ilep iler*

    Nah karena loe adalah anak bangsa yang wowow banget maka gue juga dengan bangga mempersembahkan Liebster Award, semoga loe ikhlas yak :v http://lebailabiel.blogspot.com/2015/01/first-liebster-award.html

    BalasHapus
  4. aduuuh..kayaknya enaaaak..belum sempet ke kediri niih..jadi penasaran :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Keep Blogwalking!

Postingan populer dari blog ini

Crayon Beserta Kekurangan dan Kelebihannya yang Perlu Diketahui

Cara Cek Usia Kartu Indosat

Review Milk & Honey Gold Nourishing Oriflame