Jumat, November 09, 2018

Cara Sablon Kaos Untuk Pemula

  1 comment    
categories: 
Sablon, merupakan salah satu cara yang banyak digunakan oleh masyarakat di zaman ini untuk mencetak desain dari komputer atau yang digambar, selanjutnya desain tersebut akan diterapkan pada media seperti kaos, plastik, kertas, kaca dan kayu.

Namun media yang paling banyak digunakan adalah kaos karena kembali pada kebutuhan sehari-hari.

Sekarang ini banyak masyarakat mengadakan acara atau kegiatan yang menggunakan nama sebuah organisasi atau sponsor. Maka untuk membuat kegiatan- kegiatan tersebut meriah dan kompak, panitia seringkali membuat kaos seragam bagi partisipan kegiatan. 

Hal ini membuat permintaan sablon kaos semakin banyak dan usaha sablon menjadi usaha yang menguntungkan serta memberikan kesempatan yang besar.

Nah buat yang mau bikin usaha sablon tapi masih pemula, ada beberapa keunggulan tekhnik sablon yang wajib kamu tahu nih, diantaranya;

  1. Kamu bisa mencetak desain yang sama pada berbagai kaos dengan jumlah yang sangat banyak,
  2. Hasilnyapun relatif stabil dan seragam, hal ini menjadikan banyak pengguna teknik sablon merasa puas,
  3. Menghasilkan beberapa efek yang menarik dan tidak ada pada kaos biasa yang mungkin kamu beli di toko seperti glitter, glow in the dark, efek desain timbul dan juga efek mengkilap ataupun metalik,
  4. Biaya cetak masih terjangkau namun hasil yang diberikan tetap bagus,
  5. Fleksibel, dikarenakan dapat diaplikasikan pada jenis  bahan apa saja dengan desain beragam. Namun pencetakan untuk desain tertentu masih membutuhkan teknik yang juga berbeda di setiap printing sablonnya.

Banyak yang berminat untuk mempelajari sablon, dikarenakan teknik sablon ini mudah dipelajari dan  tidak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk awalnya. Khususnya buat yang memulai UMKM dibagian percetakan, percetakan kaos bisa jadi alternatif pilihan untuk usahamu.

Persiapan Cetak Sablon 

Saat kamu ingin mencoba membuka usaha sablon, hal pertama yang harus dilakukan adalah persiapan bahan dan alat sablon. Berikut adalah tahapan dalam mempersiapkan cetak sablon:

  • Kamu harus punya kaos polos yang akan dicetak, kalu bisa pilih warna yang terang, ohya jual beli kaos polos juga bisa jadi usaha sampingan loh,
  • Papan triplek ukuran besar,
  • Rangka atau screen gambar yang sudah diafdruk untuk diterapkan pada media, khusus untuk sablon,
  • Rakel yang telah terpasang dengan pegangan rakelnya juga,
  • Tinta khusus sablon atau tinta tekstil, tinta ini bisa dibeli di toko yang menyediakan bahan tekstil,
  • Lakban dan juga plastik yang ketahanannya cukup kuat,
  • Kain katun perca serta air secukupnya untuk membersihkan sisa tinta yang ada pada kaos hasil sablon.

Proses Cetak Sablon 

  • Siapkan kaos yang akan digunakan, kemudian masukan ke tatakan triplek agar kaos tersebut tertarik dengan sempurna, hal ini supaya tinta tidak tembus ke bagian belakang kaos. Selain itu guna dari tripleks ini adalah untuk menstabilkan kaos saat sedang disablon,
  • Letakan rangka, screen maupun kasa sablon di atas kaos. Usahakan posisi gambar sesuai dengan desain yang diinginkan, karena akan sulit untuk mengubahnya jika ada kesalahan.
  • Jika desain lebih dari satu warna, maka gunakan selotip untuk menutupinya,
  • Posisikan rangka screen sesuai rancangan yang kamu buat,
  • Tuang tinta di sisi gambar tepat diatas obyek. Setelah itu tarik cat sablon tersebut ke bawah dengan rakel dan  berikan tekanan yang kuat supaya tinta merata. Cukup satu kali tarikan saja namun pasti, jangan ragu saat menarik rakel,
  • Bersihkan atau cici tinta dari rangka dan siapkan gambar lainnya atau media lain,
  • Terakhir atur hasil sablon dan ulangi tahapan diatas sampai kaos dan desain yang kamu inginkan selesai. Sehingga tidak akan ada kesalahan atau human error karena pencetakan ini.

Nah, kalau dilihat dari tahapannya mudah kan? Buat kamu yang ingin menggunakan cara ini untuk mencoba tekhnik sablon, bisa langsung menyiapkan alat dan bahannya. Kalau semua kaos sudah tersablon dengan baik tunggu hingga tinta kering sempurna.

Untuk pengeringannya, lebih baik kamu menggunakan angin- angin atau cahaya matahari. Karena hasilnya dapat lebih bagus jika dibandingkan dengan mengeringkan menggunakan pemanas elektronik seperti hairdryer dan sejenisnya. 

1 komentar:

Keep Blogwalking!