Minggu, November 25, 2018

Kiat Mendapatkan Pelanggan Baru dalam Bisnis

  No comments    
categories: 
Bicara bisnis khususnya yang berkecimpung di bidang niaga, sudah pasti tidak jauh-jauh dari yang namanya pelanggan. Nah, pelanggan merupakan salah satu pondasi penting dalam laju sebuah bisnis.

Tanpa adanya pelanggan maka kita sebagai pelaku bisnis akan kesulitan dalam memasarkan produk/jasa yang kita punya. Setelah mendapatkan pelanggan tetap, kita tidak boleh cepat berpuas hati. 

Kita juga masih memiliki tugas mencari pelanggan baru supaya bisnis yang kita jalankan semakin berkembang. Dengan pelanggan baru yang semakin banyak maka pemasaran produk/ jasa kita juga bisa lebih lancar. Bisnispun menjadi lebih cepat berkembang dengan adanya pelanggan baru.

Pelanggan baru ini sangat diperlukan karena jika hanya mengandalkan pelanggan lama maka bisnis kita akan stagnan di tempat yang sama. Bahkan bisa jadi akan membuat bisnis kita gulung tikar karena tergerus oleh persaingan. 

Selain itu kita juga mesti gencar mendapatkan pelanggan baru dengan berbagai cara yang positif. Terlebih jika pelanggan yang kita raih bersifat loyal, maka akan semakin menguntungkan.

Nah, bagi yang penasaran bagaimana cara mendapatkan pelanggan baru, coba ikuti kiat di bawa ini.

Berbagai Kiat Mendapatkan Pelanggan Baru

1. Evaluasi ulang
Cobalah untuk melakukan evaluasi ulang, apa saja yang sudah kita dapatkan dalam bisnis belakangan ini. Evaluasi bermanfaat agar kita tahu seberapa jauh langkah bisnis yang kita jalankan.

Selain itu, dengan cara tersebut kita juga bisa tahu kesalahan apa yang terjadi sehingga mampu menyelesaikannya secepat dan setepat mungkin. Lakukan evaluasi dari berbagai sektor. Seperti pemasaran, keuangan, hingga proses pelayanan. 

2. Produk yang beragam
Pelanggan baru juga bisa kita dapatkan dengan mengeluarkan produk yang beragam. Semakin banyak variasi produk kita maka semakin luas pangsa pasar yang kita dapatkan.

Banyak konsumen yang bosan dengan pilihan produk yang terbatas. Jadi jangan ragu untuk meluncurkan inovasi dan pilihan baru demi keluasan pangsa pasar kita.

Salah satu contoh startup yang menyediakan produk beragam demi menarik berbagai jenis user adalah Sepulsa. Aplikasi yang pada awalnya berperan sebagai platform pembayaran online baik itu pulsa maupun paket data, sekarang sudah memperlebar lini produknya ke voucher game dan pembayaran tagihan lainnya.

3. Promo menarik
Berbagai promo juga menentukan minat pelanggan dan mampu menarik pelanggan baru datang kepada kita. Jangan khawatir keuntungan yang didapatkan menipis. Kita tetap bisa mendapatkan keuntungan tinggi jika makin banyak pelanggan yang tertarik dengan promo yang kita tawarkan.

Kitapun bisa menerapkan promo seperti diskon, give away, beli produk tertentu gratis produk lainnya, dan berbagai promo lainnya. 

4. Harga yang lebih variatif
Harga yang hanya menyasar satu kalangan pasar saja memang memudahkan dalam proses promosi. Namun untuk memperluas jangkauan pelanggan, cobalah memvariasikan harga jual produk.

Dengan harga yang lebih variatif, berbagai pelanggan baru pun akan masuk ke jaringan bisnis yang kita jalankan. Kita bisa dengan mudah mendapatkan para pelanggan baru pada bisnis satu ini. 

5. Maksimalkan manfaat media sosial 
Jangan lupa manfaatkan peran media sosial sebagai sarana agar pelanggan baru lebih banyak terjaring. Media sosial memiliki pengguna yang sangat banyak sehingga bisa menjadi sarana empuk mendapatkan pelanggan baru.

Kita bisa memberikan berbagai macam promo dengan penawaran menggiurkan.


Demikian beberapa kiat dalam mendapatkan pelanggan baru dalam bisnis yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Keep Blogwalking!