Cara Memilih Investasi Online yang Terpercaya

Maret 06, 2020

Di zaman yang serba cepat seperti sekarang ini, investasi sudah jadi hal yang lumrah banget bagi banyak orang. Investasi memang jadi jalan ninja bagi mereka-mereka yang ingin melipatgandakan uang yang dimiliki.

Ada banyak jenis investasi yang muncul dengan berbagai macam keunggulan yang ditawarkan. Apalagi belakangan ini, mulai muncul investasi online yang gak cuma menawarkan keuntungan menarik, tetapi juga aplikasi yang mempermudah proses transaksi.

Produk investasi berbasis online memang masih belum begitu terkenal di Indonesia. Namun bagi yang sudah akrab dan terbiasa bekerja dengan gadget dan perangkat mobile, gak ada salahnya untuk mulai mencoba investasi online ini.

[Src: Akseleran]
Meskipun kelihatannya mudah, tapi tetap harus berhati-hati, karena masih ada oknum investor nakal yang menawarkan investasi bodong. Berikut ini beberapa cara yang bisa kita ikuti supaya investasi yang kita pilih aman dan terjamin.

Keuntungan yang Wajar
Syarat utama untuk memilih tempat investasi yang aman adalah tawaran keuntungan yang wajar. Bila kamu menemukan tempat investasi yang menjanjikan imbal hasil yang tinggi dalam waktu singkat, alangkah baiknya waspada.

Imbal hasil yang wajar dapat diperoleh dari beberapa produk investasi umum seperti surat utang, saham atau reksa dana. Biasanya berada pada angka 10 hingga 20 persen setiap tahunnya. Artinya bila di rata-rata, keuntungan tiap bulan pun masih di bawah angka 2 persen.

Banyak lembaga investasi bodong menawarkan imbalan hasil tinggi dalam waktu yang singkat. Misalnya bunga 5 persen per bulan, atau setara 60 persen per tahun. Tentu hal tersebut masuk kategori yang tidak wajar. Sama seperti halnya memelihara tanaman, investasi juga butuh waktu dan proses untuk menghasilkan buah.

Aspek Legalitas
Sebelum memutuskan tempat investasi online untuk dana yang kamu miliki, pastikan perusahaan tersebut memiliki keabsahan legalitas baik dari segi lembaga maupun produk yang ditawarkan. Lembaga yang legal, biasanya telah berbadan hukum dan mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal yang sama juga berlaku bagi produk investasi yang ditawarkan.

Biasanya keterangan mengenai persetujuan OJK telah disertakan dalam situs resmi perusahaan. Agar lebih meyakinkan, kamu dapat melakukan verifikasi dengan datang langsung ke kantor OJK.

Selain itu, kalau kamu curiga dengan keberadaan lembaga investasi bodong, kamu juga bisa melaporkannya langsung. OJK nantinya akan melakukan verifikasi dan melakukan pembekuan kepada lembaga-lembaga yang terbukti ilegal. Dengan begitu kamu sudah turut serta mencegah bertambahnya korban penipuan.

Paham Produk dan Skema Investasi
Lembaga legal yang menawarkan investasi pasti paham benar dengan produk investasi yang mereka tawarkan. Calon pelanggan akan mendapat penjelasan secara rinci mengenai produk yang dimiliki.

Paparan yang diberikan juga tidak mengambang dan jelas. Mulai dari besaran dana investasi, aliran dana, hingga besar imbalan yang dapat diterima oleh investor.

Cermati juga skema investasi yang ditawarkan lembaga investasi online. Biasanya lembaga yang tidak sah menggunakan skema Ponzi. Skema ini sudah banyak memakan korban di Indonesia.

Meskipun tidak diungkapkan secara gamblang, beberapa ciri umum skema ponzi yang dapat kamu identifikasi salah satunya adalah imbal hasil investor berasal dari uang investor sendiri atau dalam hal ini keuntungan baru dibayarkan bila kamu mendapatkan investor baru.

Biasanya perusahan seperti ini mewajibkan setiap investor yang telah terdaftar mencari investor lagi. Alasannya untuk membangun perusahaan secara bersama-sama.

Untuk membuat kamu tertarik, mereka akan menjanjikan bonus berupa uang tunai setiap kali kamu mendapatkan investor baru. Imbalan akan semakin meningkat kalau kamu dapat mencapai target tertentu.

Jadi sebenarnya dalam skema ini tidak ada proses perputaran uang yang sehat. Kerugian bisa saja kamu alami bila tak ada lagi investor baru yang ingin bergabung. Perusahaan bisa bangkrut dan dana yang kamu miliki ikut lenyap.

Struktur Organisasi Jelas
Lembaga investasi yang kredibel memiliki struktur organisasi dan kepemilikan yang jelas. Menjadi nilai tambah apabila orang-orang yang mengisinya memiliki latar belakang investasi yang mumpuni.

Telusuri rekam jejak perusahaan melalui internet. Biasanya informasi dan review bagus akan muncul bila perusahaan terbukti memiliki reputasi yang baik. Karena berbasis online, perusahaan dapat menyertakan informasi tersebut pada situs resmi mereka.

Selain itu, keterangan mengenai alamat kantor secara fisik pun harus tersedia. Untuk memastikan kebenaran lembaga tersebut, lakukan survei ke lokasi terlebih dahulu sebelum menginvestasikan uangmu.

Akseleran memiliki semua aspek diatas dari keuntungan, legalitas, skema investasi dan struktur organisasi yang sudah jelas. Akseleran akan jadi investasi online yang aman dan terpercaya untuk kamu, karena kita sudah menyalurkan lebih dari Rp. 1 triliun ke ratusan UKM/UMKM di Indonesia.

Metode dalam Investasi Online
Banyak metode yang ditawarkan lembaga investasi online, namun salah satu yang paling populer biasanya dikenal dengan istilah Peer to Peer (P2P Lending.

Perusahaan P2P Lending menghubungkan pemberi pinjaman (lender) yang memiliki dana lebih untuk meminjamkan uangnya kepada peminjam (borrower) dengan menggunakan sistem crowdfunding.

Istilah crowdfunding ini merujuk kepada dana yang dihimpun dari banyak orang (crowd) untuk mendanai kebutuhan tertentu (funding).

Umumnya platform P2P Lending menawarkan pendanaan untuk kampanye politik, pembuatan film, pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) hingga kebutuhan untuk riset pendidikan.

Sejumlah imbalan akan diberikan kepada mereka yang menghimpun dananya atau dengan kata lain menjadi investor. Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya, karena Akseleran merupakan salah satu platform P2P Lending yang sudah berizin resmi dari OJK.

Di samping itu, Akseleran pun melengkapi setiap dana yang masuk dengan proteksi asuransi untuk memitigasi risiko gagal bayar. Selain itu, sebagai alternatif investasi dengan imbal hasil hingga 21% per tahun kamu dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

Gunakan kode promo BLOGSILVIANA saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke cs@akseleran.co.id.

You Might Also Like

0 comments

Keep Blogwalking!

BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

KUMPULAN EMAK BLOGGER

BLOGGERHUB