Rabu, Oktober 16, 2019

Cara Mudah Mendapatkan Kartu Kredit Secara Online di Fintech

  2 comments    
categories: 
Kartu kredit sebagai salah satu sarana pemenuh kebutuhan, kini sudah menjadi produk keuangan yang lumrah untuk dimiliki hampir setiap orang. Tidak mengherankan, sebab kebutuhan yang banyak kadang tidak bisa tercukupi semuanya sekaligus dengan pembayaran kontan.

Sehingga pilihan untuk membayar dengan cara kredit atau mengangsur bisa jadi opsi. Selain lebih ringan jika dicicil per bulan, dengan kartu kredit kita juga bisa mendapatkan barang yang diperlukan tanpa harus mengumpulkan uang di muka terlebih dulu.

Buat kamu yang belum punya, ternyata ada cara mudah untuk mendapatkan kartu kredit secara online, lho. Simak informasinya secara lengkap di bawah ini, ya..

Kartu Kredit: Fungsi dan Fitur Menarik
Penggunaan dan fungsi dari kartu kredit sering disalahartikan. Sebab, kartu kredit dinilai sebagai peluang bagi publik untuk berhutang dan menyulitkan kondisi perekonomian si pemilik kartu kredit tersebut.

Padahal, penggunaan kartu kredit yang bijak dan sesuai kemampuan membayar justru akan membantu banyak orang dalam memenuhi berbagai kebutuhan dengan biaya besar yang bisa dimiliki dengan angsuran yang meringankan.

Selain itu, kartu kredit juga berfungsi sebagai alat pembayaran untuk beberapa kebutuhan yang memang hanya dapat dibayar dengan kartu kredit saja. Misalnya tagihan layanan streaming musik internasional, dan lain sebagainya.

Kartu kredit juga memiliki beberapa fitur menarik yang memudahkan segala transaksi keuangan yang ingin dilakukan. Di antaranya seperti pencairan uang tunai, program cicilan bunga 0 persen, membayar tagihan, reward point, dan diskon di berbagai merchant yang bekerjasama dengan pihak penyedia kartu kredit terkait.

Sehingga, jika dipikirkan lebih rinci, terdapat sederet keuntungan kartu kredit yang bisa kita dapatkan.


Cara Mudah Mendapatkan Kartu Kredit
Biasanya penawaran kartu kredit dilakukan oleh tim sales yang 'menjemput bola' dengan menawarkan langsung ke nasabah bank tertentu. Kamu juga mungkin pernah ditawari dengan cara pendekatan nasabah seperti ini.

Tapi tau gak sih? Saat ini kartu kredit semakin mudah didapatkan secara online. Meskipun begitu, kamu harus menimbang berbagai produk kartu kredit agar tidak membebankan dan berujung dengan kredit macet yang tak terlunasi atau ngeroll.

Sebab, saat ini kartu kredit tidak hanya tersedia dalam bentuk fisik kartu, tapi juga kartu kredit online. Beberapa penyedia kartu kredit online seperti Kredivo dan Akulaku memungkinkan kamu untuk membayar berbagai kebutuhan dengan menyertakan akun Kredivo dan Akulaku yang kamu miliki, kemudian membayarnya di kemudian hari dengan cicilan dan masa tenor tertentu.

Namun, kamu harus memastikan terlebih dulu besaran bunga untuk kartu kredit online ini, ya. Sebab jika tidak teliti, bisa saja bunganya begitu besar dan membebankan.

Kamu juga bisa mengajukannya secara online lewat perusahaan financial technology (fintech). Perusahaan fintech adalah pihak yang membantu publik untuk memilih produk keuangan secara online, termasuk kartu kredit.

Sebenarnya, jenis katu kredit yang ditawarkan adalah milik dari bank atau lembaga keuangan tertentu. Sehingga perusahaan fintech hanya sebagai media pembanding dan pembantu untuk proses pengajuannya.

Dapatkan Kartu Kredit di CekAja.com
Salah satu perusahaan fintech yang ada di Indonesia adalah CekAja.com. CekAja.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga segala transaksi pengajuan berbagai produk keuangan yang ada di sini aman dan terpercaya.

Untuk mendapatkan kartu kredit, kamu harus memenuhi syarat dan kelengkapan dokumen yang diperlukan. Setidaknya, kamu harus berusia 21 tahun hingga 65 tahun dengan penghasilan minimum Rp 36 juta per tahun hingga Rp 600 juta per tahun. Kemudian, dokumen yang diperlukan antara lain sebagai berikut:

· Kartu identitas (KTP/SIM/Paspor)
· Fotocopy keterangan penghasilan/slip gaji
· Tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (untuk yang sudah memiliki)
· Fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir (untuk pengusaha)
· Fotokopi akta pendirian perusahaan (TDP) & SIUP (untuk pengusaha)
· Fotokopi keterangan izin praktik (untuk profesional)

Setiap orang yang berminat mengajukan kartu kredit cukup mengisi formulir pengajuan secara online di situs CekAja.com, lalu nanti aka nada kurir yang datang ke rumah untuk mengecek kelengkapan syarat dan dokumen yang diperlukan.

Mudah banget, kan? Kalau kamu sudah merasa memenuhi syarat dan mampu melengkapi dokumen di atas, kamu bisa langsung mengajukan kartu kredit dengan mengunjungi link di bawah ini: https://www.cekaja.com/kartu-kredit/.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya. 

Jumat, Oktober 11, 2019

Seru- Seruan di Kingsfun Kediri Mall dengan Traveloka Xperience

  No comments    
categories: 
Rasanya sudah cukup lama gak pergi jalan- jalan di sekitaran Kediri. Tiap pulang kantor juga maunya mager aja di rumah, gak ngapa- ngapain.

Tapi ternyata lama- lama rasanya jenuh juga. Jadilah kemarin sore janjian sama teman untuk hang out sambil window shopping di mall. Sekalian sama mau mengenang masa kejayaan main di Kingsfun Kediri. Tempat main manusia segala umat yang murah meriah.
[Foto koleksi pribadi]
Dulu zaman SMA, saya hobi main ke Kingsfun karena seneng banget main game dancenya (Danz Base). Sekarang juga masih suka sih, cuma agak malu kalau dilihat orang. Haha. Ohya, Kingsfun di Kediri adanya di Kediri Mall Jl. Hayam Wuruk.
[Kediri Mall Lt. 3]
Nah karena udah cukup lama gak main di tempat ini, lebih dari empat tahun saya gak berkunjung. Saya agak lupa nih bagaimana peraturan mainnya, pembelian tiket dan hal lainnya. Daripada malu- maluin ya kan, dikira gak pernah kesitu, makanya sebelum pergi coba googling dulu soal Kingsfun.

Rupanya ada salah satu web yang mengarahkan saya untuk mencoba memesan tiket Kingsfun via Traveloka Xperience. Harganya cukup terjangkau dan lagi lebih praktis untuk pemesanannya.

Jadi kemarin saya langsung beli vouchernya via Traveloka Xperience. Soalnya udah murah banget, harga awal untuk Top up kartu Kingsfun Rp 70.000 jadi Rp 48.500 aja kan lumayan. Udah untung banyak bisa buat yang lain.

Ohya, Traveloka Xperience ini merupakan layanan baru dari Traveloka untuk memenuhi kebutuhan travel dan lifestyle penggunanya. Jadi di sini kita bisa menemukan berbagai jenis produk, baik untuk aktivitas liburan seperti taman bermain, atraksi, tur, dan sebagainya.
[Berbagai macam kategori di Traveloka Xperience]
Sedangkan untuk gaya hidup juga ada misalnya olahraga, spa & kecantikan dan semacamnya. Jadi ada banyak #XperienceSeru yang bisa dicoba dengan menggunakan Traveloka Xperience.

Jujur saya yang baru pertama kali coba aja udah jatuh cinta sama layanannya. Soalnya cepet dan praktis sih, di mana pun dan kapan pun karena ada Traveloka Easy Access.

Selain itu juga, cara pembayarannya mudah banget. Kalau kita udah pesen di Traveloka Xperience ini, kita bisa bebas milih cara pembayarannya.


Apalagi kalau pakai travelokaPay lebih mudah lagi, karena bisa atur pembayarannya sesuai dengan kebutuhan kita. Jadi kemarin  saya dan teman menghabiskan waktu hampir 3 jam di Kingsfun. Puas banget, rasanya seperti kembali ke masa sekolah. Happy banget.
[Tampilan depan]
Ohya buat yang mau pesan voucher Kingsfun atau yang lainnya via Traveloka Xperience, caranya mudah banget. Temen- temen cukup instal aplikasi Traveloka di handphone. Kemudian login dengan email yang sudah didaftarkan. Kalau yang belum bikin ya daftar akun dulu kayak biasanya.
Kemudian pilih Xperience dan pilih kategori Xperiencenya. Kayak saya mau Kingsfun berarti saya pilih kategori Taman Bermain. Pastikan lokasi di handphone aktif ya, supaya bisa langsung detect taman bermain mana saja yang ada di wilayah kita.

Sama halnya kayak mau pilih spa & kecantikan atau atraksi bermain, bioskop, hiburan (karaoke) dan sebagainya.

Lalu pilih saja mana yang mau didatangi, dan klik cari voucher. Jangan lupa untuk memilih tanggal kapan kita akan berkunjung. Setelah fix klik pilih, kemudian kamu bisa membeli berapa banyak tiketnya, bareng- bareng lebih seru sih ya daripada sendirian. Kalau sudah klik lanjutkan.
Nah, kalau jangan lupa isi data pemesanan kemudian teliti dulu sebelum melanjutkan untuk pembayaran. Kemarin saya pilih pembayaran via transfer bank. Gak lama kemudian e-ticketnya terbit dan siap untuk digunakan bermain.

Senengnya main di Kingsfun Kediri ini, karena setelah main biasanya ada tiket yang keluar dari mesin dan tiket tersebut bisa ditukar dengan hadiah- hadiah yang menarik. Sesuai dengan tiket yang kita dapatkan. Jadi keuntungannya berlipat- lipat. 

[Berasa masih kayak anak sekolahan]
Pesen vouchernya via Traveloka Xperience dapat harga murah, masih dapat hadiah lagi. Siapa yang gak bahagia.

Selain itu juga kalau lagi di Kediri Mall, habis main di Kingsfun bisa juga langsung nonton di CGV. Tiketnya juga bisa dibeli langsung via Traveloka Xperience ya. 
[CGV di lantai 7]
Kemudahan dalam genggaman, sekarang udah gak zamannya lagi ribet atau antre masalah pemesanan tiket. Semua udah diatasi sama Traveloka Xperience. Bener- bener memberikan Xperience baru yang seru.


Minggu, September 22, 2019

Pengalaman Sakit Pinggang Kecetit dan Pengobatannya

  No comments    
categories: 
Tulisan ini murni pengalaman pribadi, tidak ada muatan sponsorship sama sekali. Jadi akan ada beberapa brand obat yang saya sebut secara gamblang.

Jadi ceritanya beberapa waktu yang lalu, saya mengalami sakit pinggang sebelah. Umumnya sih dikenal dengan sebutan kecetit. Sebelum- sebelumnya saya sama sekali belum pernah mengalami kondisi seperti ini. Maksudnya sakit pinggang hanya satu sisi saja. Kalau sakit pinggang kedua sisi sudah sering banget.

Nah, hari Rabu pagi saya mengalami rasa sakit di pinggang sebelah kiri, rasanya antara sakit yang mengginggit dan sakit seperti ditusuk- tusuk. Tiba- tiba saja saat bangun tidur nyeri sekali. Awalnya saya hanya mengira kalau ini sakit kelelahan akibat perjalanan liburan di weekend sebelumnya.

Jadi hari Rabu itu masih saya biarkan saja, hanya sesekali saya oleskan counterpain dan kadang hot in cream.  Kalau memang ini sakit pinggang biasa, harusnya sesaat setelah dioles cream terkenal ini, nyerinya bisa berkurang. Tapi ternyata kok masih sama saja bahkan semakin sore rasanya semakin menjadi.

Apalagi hari Rabu itu saya masuk kantor seperti biasanya. Untuk duduk gak nyaman, untuk jalan sakit. Rasanya gak menentu banget. Setelah saya telusuri, ternyata ini bisa jadi karena hari Selasa saya menyelesaikan beberapa pekerjaan secara bersamaan. Jadi cukup sering mengubah posisi badan tapi posisi tetap duduk. Bisa bayangin gak ya para pembaca?

Jadi posisi saya tetap duduk, hanya pinggang ke atas yang sering berubah posisinya. Kalau dalam bahasa Jawa, "ngongkek awak", atau muter badan 45 derajat dan mungkin saja agak kebablas.

Jadi, kecetit ini merupakan kondisi umum dari sakit tulang belakang. Umumnya menimpa leher (cervical) dan pinggang (lumbal). Biasanya hanya satu sisi saja, sama kasusnya seperti yang saya alami. Asal muasalnya dari gaya hidup, kurang olahraga, atau posisi duduk yang kurang tepat alias tidak ergonomis. Bisa jadi terlalu membungkuk dan terjadi dalam jangka yang cukup panjang.

Nah, karena Rabu itu saya merasa sangat kesakitan. Jadi saya coba untuk googling dengan keyword "sakit pinggang sebelah kiri". MAK TRATAP!. Di page one muncul penjelasan dari hellosehat, bisa jadi sakit pinggang sebelah kiri ini diakibatkan oleh batu ginjal.

Saya sempat kaget tapi mencoba mengingat kembali, bahwa selama ini belum dan semoga jangan sampai ada masalah dengan kemih. Selama ini quantitas minum air mineral saya juga lebih dari cukup.

Jadi saya rasa kecil kemungkinan kalau sampai kena batu ginjal. Tapi kalau emang kehendak Tuhan saya kena sakit kemih ini, ya gak tau lagi.

Saya juga sempat sambat ke orang rumah soal sakit pinggang saya ini, tapi tanggapannya "mungkin capek biasa aja, kan habis perjalanan".

Tapi beneran deh sakit banget. Waktu di kantor, saya juga sempat cerita- cerita soal sakit pinggang yang saya rasakan. Setelah ditanya kira- kira kenapa, ada aktivitas yang berlebihan atau tidak, dan langsung dibilang, "Lho, kecetit itu, Vi".

Kemudian saya direkomkan obat apa saja yang sebaiknya dikosumsi untuk mengurangi rasa sakit ini. Ada yang mahal, ada yang standart dan ada yang murah. Mulai harga 50 ribu ke atas sampai ada yang paling murah yaitu 1 kapsulnya Rp 2.500.

Meskipun dapat diobati tapi katanya ya, kecetit ini akan datang lagi dan lagi. Saat istirahat makan siang, saya akhirnya pergi ke Kimia Farma untuk beli obat. Saya hanya bilang minta obat untuk sakit pinggang kecetit. Lalu setelah dicarikan, saya dipanggil ke kasir.

Di situ saya tidak ditanya mau obat yang seperti bagaimana, maksudnya tidak diberi opsi untuk obat- obat yang dapat digunakan untuk penyakit ini. Saya langsung diberi dua jenis obat. Merknya Epsonal 50mg dan Voltaren 50mg.

Setelah saya googling, Epsonal ini merupakan obat yang digunakan untuk terapi simtomatik untuk kondisi yang berhubungan dengan Spasme Muskuloskeletal atau kejang otot. Sedangkan Voltaren 50mg digunakan untuk meregangkan ototnya.

Waktu bayar, saya sedikit kaget karea ternyata obatnya mahal. Maklum saja ya, kaum BPJS yang jarang banget konsumsi obat. Tapi, saya jadi tahu, bahwa harga obat yang cukup mahal juga dapat mempercepat penyembuhan (dalam kasus saya ini, ya).

Ohya, Epsonal dan Voltaren ini diminum masing- masing 2x dalam 1 hari. Dalam 5 kali minum obat atau artinya dua setengah hari, rasa sakit menggigit yang saya rasakan berangsur hilang dan Alhamdulillah saat ini sudah tidak terasa sakit lagi.

Ohya, selain Epsonal ada juga opsi obat yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dari kecetit ini, yaitu Ibuprofen atau daun bidara (harga 1 kapletnya Rp 2.500).

Namun dengan kejadian ini, saya jadi punya PR besar untuk mulai memperbaiki posisi duduk dan gaya hidup, alias harus banget nih mulai olahraga lagi.

Nah, semoga cerita kali ini bermanfaat ya untuk teman- teman.

Rabu, September 04, 2019

Liburan ke Surabaya yang Penuh Drama

  3 comments    
categories: 
[Rona jingga di langit Surabaya]
Beberapa waktu yang lalu, saya, anakzahir dan mba Tiwwi melakukan perjalanan ke Surabaya dengan mengendarai moda transportasi bus. Kebetulan ini pertama kalinya anakzahir pergi ke Surabaya naik angkutan umum. Jadi sambil liburan singkat juga sambil belajar mengenal dunia luar.

Saat itu hari Sabtu dan perjalanan kami dimulai dari diantarkan oleh adik saya ke terminal yang ada di Pare. Mengingat tidak ada bus arah Surabaya yang lewat depan rumah, jadilah mengambul keputusan untuk menunggu bus di terminal saja.

Tidak lama setelah kami sampai, bus yang akan kami naiki tiba. Berbekal informasi dari teman saya Leli, saya jadi tahu untuk prefer milih bus Bagong untuk ke Surabaya. Alasannya simpel aja, bus ini lewat jalur tol. Harganya juga terjangkau banget, 20K/ orang.

Anakzahir tidak dihitung karena duduk dipangku uminya.
Saya rasa peralanan kala itu cukup cepat dan tidak terlalu lama ngetem, hanya sesekali saja.

Saat sampai di Terminal Purabaya, sungguh takjub dengan bangunanya. Kalau gak ada tulisan “Terminal Purabaya”, mungkin saya akan mengira kalau tempat ini adalah bandara.

Soalnya asli bersih banget, beda sama yang pernah saya datangi dulu – udah lama banget memang gak ke Surabaya naik bus.

Sambil istirahat sejenak dan melaksanakan tugas alam, kami mulai memikirkan perjalanan selanjutnya untuk bisa sampai ke hotel Ohya, tujuan kami bertiga ke Surabaya ini sebetulnya memang cuma mau staycation, tok. Kebetulan waktu itu ada voucher OYO dari Local Guide dan sayang kalau gak dipakai.

Sebenenrnya mau ke Pujon, ada hotel yang bagus di sana dan rekomended banget, namun karena cuaca sedang kemarau jadi tekad untuk ke Malang agak maju mundur. Soalnya takut terlalu dingin dan malah gak nyaman.

Nah, akhirnya kami memutuskan untuk naik Go-Car saja, begitu dapat driver ternyata gak ramah banget. Posisi kami saat itu memang masih jalan dari dalam terminal ke luar terminal. Memang kelirunya di saya karena kecepetan order. Saat ditelepon saya menanyakan lokasi driver, bilang ada di Alfamart.
[Udah riwil mau ke hoten (hotel)]
Mohon dimaklumi karena memang bukan orang Surabaya jadi ya belum hapal Alamart ada di kanan atau kiri pintu masuk terminal.

“Maaf pak, ini saya masih di dalam. Masih jalan keluar”

“Ya, aku ada di depan Alfamart”

“Alfamart itu yang dekatnya Ramayana bukan? Maaf belum tahu”

“Lho yok opo se, Alfamart yo Alfamart. Ramayana yo Ramayana”

“Ya pak, saya tak cari sambil jalan”

Kemudian telepon dimatikan.

Maklum ya buk, kita bawa anak masih balita dengan bawaan ransel yang cukup berat. Gak lama setelah itu, saya ditelepon lagi sama drivernya. Nadanya agak tinggi.

“Kamu di mana?”

“Ini masih di jalan pak baru mau sampai gerbang depan”

“Lho yok opo se kok sik mlaku iki. Tak pikir wis di Alfamart”

Wah bangzat juga nih driver, batin saya.

Dengan suara agak meninggi saya jawab “Aku mau kan wis ngomong ya pak, sik mlaku. Iso sabar ora? Nek ora cancel wae!”

“Lho kok konsal kensel ae”

“Makane sabar, iki aku wis ngerti mobilmu”

Sebetulnya waktu telepon pertama kali, mba Tiwwi udah bilang untuk cancel saja karena drivernya tidak ramah. Tapi saya kan gak enak, udah dipick up, kasihan batinku.

Begitu paham kalau itu drivernya, dengan agak dongkol saya tanya ini bener driver X bukan. Setelah pasti, saya dan mba Tiwwi mulai masuk mobilnya. Bener aja, orangnya gak ramah sama sekali.

Saat akan pergi, dia (driver) meminta uang parkir dengan ketus. Pun dengan percakapan selanjutnya, dia menanyakan kepada kami, mau lewat atas atau bawah.

Mba Tiwwi juga sempat tanya soal jarak lokasi yang akan kami tuju.

“Pak, ini gak begitu jauh kan ya lokasinya”

“Jauh.”

Saya disitu masih diem aja.

Sepanjang perjalanan tidak ada komunikasi apapun, saya dan mba Tiwwi juga lebih memilih untuk diam saja daripada muncul hal- hal yang tidak diinginkan, semacam baku hantam. Haha

Begitu sampai, tidak ada bantuan apapun dari driver. Saat itu biayanya 49K dari Terminal Bungurasih ke tempat tujuan kami di wilayah BG Junction. Saya membayar dengan uang 50K. Gitupun drivernya masih sempet tanya, “Kembalian gak?”. -_-

“Ambil wes”, sambil saya banting pintu agak keras. Bodo amat deh. No thanks juga. Tapi meski begitu, saya gak mau mematikan rejeki orang yah. Tetap dikasih bintang 4 dengan deskripsi yang super panjang x lebar.

Setelah itu saya dapat info dari mba Tita, kenalan saya di Disbudpar kalau sebaiknya lain kali naik bus pariwisata yang disediakan oleh Pemkot Surabaya, yang bayarnya pakai botol plastik itu. 

[Masih ada drama lagi di sini]
Ah, perjalanan ke Surabaya yang melelahkan dan penuh drama di perjalananya. Lho, kok ternyata cerita ini sudah panjang begini. Kayaknya cerita soal staycation mending dibuat cerita di post selanjutnya aja ya. 

Selasa, Agustus 20, 2019

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Bagi Pemula

  4 comments    
categories: 
[Sumber foto : docnetwork - Text by Canva]
Kalau bicara soal asuransi, rasanya asuransi kesehatan jadi salah satu jenis asuransi yang paling banyak dimiliki oleh masyarakat. Namanya saja asuransi, jadi sudah pasti ada banyak manfaat yang didapatkan dari kepemilikan asuransi ini.

Misalnya saja, saat kita terkena sakit tertentu dan membutuhkan biaya dalam jumlah besar. Dari mana kita bisa mendapatkan dana tersebut? Kalau punya dana darurat, apakah dana darurat yang kita simpan tersebut sudah mencukupi?

Nah, ketidakpastian itu pasti akan membuat kita merasa khawatir di masa depan. Apalagi akan muncul ketakutan- ketakutan, kalau berobat belum pasti bisa sembuh bahkan dana yang kita miliki belum tentu cukup untuk biaya pengobatan. Sementara perencanaan keuangan yang kita lakukan tidak mencakup penanganan masalah kesehatan di masa depan.

Padahal kita sudah mengatur dan mengalokasikan kebutuhan keuangan dengan baik, namun akan hancur seketika saat datang musibah, misalnya sakit itu tadi.

Hal- hal semacam itu menyebabkan keuangan menjadi tidak stabil, padahal ada banyak pertimbangan lain misalnya memiliki anak yang harus dibiayai pendidikannya, kemudian masih memiliki cicilan lain, dan banyak kebutuhan mendesak lainnya dan harus dipenuhi.

Kebanyakan orang jika menghadapi hal semacam ini pasti akan stres dan memperparah keadaan, karena tidak ada perlindungan finansial yang kita miliki.

Oleh karena itu, memiliki asuransi menjadi perlindungan finansial yang wajib kita miliki. Jumlah dana yang besar untuk pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Jadi kita tidak perlu lagi kebingungan mencari dana atau mengatur keuangan seefisien mungkin karena sudah ditanggung dengan memiliki asuransi.

Namun bagi seseorang yang baru mengenal asuransi, tentu cukup kebingungan dalam memilih jenis asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan.

Apalagi saat ini ada banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa jadi pertimbangan sebelum kamu memilih asuransi kesehatan, antara lain:

1. Miliki asuransi sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan,
Pada setiap asuransi yang kita ambil, pasti akan mematok sejumlah biaya yang harus kita bayarkan, biasa disebut dengan premi.

Besaran premi yang dibayarkan akan berpengaruh pada manfaat yang akan kita dapatkan. Oleh karena itu jangan mudah tergiur dengan perusahaan asuransi yang menawarkan premi murah tetapi manfaat yang diberikan juga terbatas.

Namun, jangan juga membeli premi yang terlalu mahal sehingga membebani keuangan kita. Oleh karena itu belilah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi keuangan kita. 

2. Pastikan kita nyaman dengan manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi,
Semua orang tentu ingin mendapatkan manfaat yang optimal dari keikutsertaan mereka dalam asuransi. Namun, dalam memanfaatkan fasilitas asuransi kesehatan ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Apakah kita sudah nyaman jika dirawat di ruangan VIP atau sudah cukup di ruangan standar saja? Tentukan fasilitas mana yang bisa menjadi kenyamanan kita, karena sebagai pemula hal ini penting terkait jumlah premi yang akan dibayarkan.
[Sumber : Leisure - Republika]
3. Memilih jenis asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan,
Berdasarkan cara klaimnya, asuransi terbagi lagi menjadi dua bagian. Yakni asuransi kesehatan cashless dan reimbursement.

Untuk jenis asuransi kesehatan cashless ketika masuk rumah sakit, kita tidak perlu membayar terlebih dahulu. Biaya perawatan akan dibebankan kepada perusahaan asuransi. Kita hanya perlu membayar kelebihannya saja jika dibutuhkan.

Kemudian untuk sistem klaim secara reimbursement kita bisa menggunakan  fotokopi kuitansi yang telah dilegalisir oleh pihak rumah sakit. Kemudian bisa mengajukan klaim pada perusahaan asuransi ketika sudah keluar dari rumah sakit.

Biaya yang akan dikembalikan tentu saja biaya yang telah kita keluarkan selama masa perawatan berlangsung. Oleh karena itu pilih jenis klaim yang sesuai dengan kebutuhan kita.

4. Membandingkan manfaat asuransi kesehatan dari beberapa perusahaan,
Tidak salah bagi kita untuk melakukan riset kecil dengan membandingkan manfaat asuransi kesehatan dari setiap perusahaan.

Jangan terlalu cepat mengambil keputusan ketika memilih asuransi, kita harus tetap cermat dan teliti sebelum memilih asuransi kesehatan.

Ambil waktu setidaknya beberapa minggu sebelum menentukan pilihan. Jangka waktu tersebut bisa kita gunakan untuk mengetahui berbagai manfaat asuransi kesehatan dari beberapa perusahaan.

Bandingkan juga testimoni dari orang-orang yang telah menggunakan asuransi kesehatan di beberapa perusahaan. Perhatikan juga, apakah suatu perusahaan mendapat ulasan negatif atau positif, dengan demikian kita menjadi lebih yakin dalam memilih perusahaan asuransi. Jadi usahakan untuk memilih jenis asuransi yang benar-benar kita butuhkan.

Itu tadi beberapa tips yang bisa digunakan untuk pertimbangan dalam mengambil keputusan dalam membeli asuransi. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya.

Kamis, Agustus 01, 2019

Cara Mudah Bikin Jersey Custom di Jerseykita[dot]com

  1 comment    
categories: 
Ngomongin soal jersey, akhir- akhir ini saya jadi sering memperhatikan outfit yang dipakai teman kerja tiap hari Sabtu. Maklum aja, pekerja swasta emang kerjanya 6 - 1, maksudnya enam hari kerja dan 1 hari libur.

Nah, di hari Sabtu ini karena suasananya emang sedikit santai, jadi kami para karyawan juga boleh memakai baju bebas namun tetap sopan.

Di sini karena emang lingkungan kerjanya mayoritas laki-laki, jadi cukup banyak teman yang menggunakan baju-baju yang simpel, salah satunya kaos atau jersey. Alasan utamanya jelas karena sederhana dan praktis dipakai.

Saya sendiri meskipun cewek, juga mulai tertarik untuk punya jersey, ya minimal 1 pcs lah, tapi kalau bisa yang limited sih biar gak ada yang nyamain.

Ternyata nih, gak cuma anak kantor aja yang suka pakai jersey. Teman- teman di lingkungan tempat saya tinggal juga cukup banyak yang punya baju jenis ini, tentunya dengan klub kebanggaan masing-masing.

Apalagi muda mudi yang tergabung dalam klub voli desa, udah pasti mereka punya jersey andalan. Umumnya, emang banyak yang seneng sih ya pakai kaos atau jersey dibanding baju formal.

Tapi pernah gak sih bosan liat desain baju atau jersey yang so-so aja? Desainnya kurang sesuai dengan keinginan, atau malah desainnya biasa- biasa aja. Nah, beruntungnya sekarang ini kita sudah bisa dengan mudah memesan baju dengan desain yang sesuai keinginan.

Pas banget minggu kemarin di lingkungan saya tinggal, sedang rapat untuk persiapan memeriahkan Agustusan, memang sudah jadi tradisi kalau di desa kami tiap bulan Agustus- September pasti akan ada pesta rakyat. Salah satunya adalah karnaval desa dan pesertanya tiap RW di desa kami dan itu dilombakan.

Nah, selama tiga tahun terakhir ini, lingkungan saya selalu mendapat juara pertama. Tahun ini, rencananya mau coba hal lain yang lebih simpel. Kemarin sih sudah rembukan mau ikut memeriahkan dengan gerak jalan bebas, tapi pakai seragam biar keliatan kompak

Ada beberapa teman yang menyarankan untuk pesan baju jersey saja, tapi yang full print. Supaya terlihat mewah kalau dipakai. Lalu, saya coba buat googling, kira- kira dimana ya bisa custom baju sesuai keinginan, sesuai budget tapi yang kualitasnya tetap oke.
[Sumber : Jerseykita.com]
Gak taunya ketemu web namanya jerseykita.com, dan di sini ini merupakan pusat produksi berbagai jenis jersey olahraga. Mau bikin jersey olahraga buat sendiri, jersey olahraga buat regu kayak regu bola, voli, futsal, basket, sepeda, pokoknya semuanya ada.

Buat penyuka olahraga, jersey itu emang jadi salah satu barang wajib yang harus dimiliki. Apalagi buat yang punya tim atau tergabung dalam komunitas olahraga tertentu.

Udah pasti wajib banget punya jersey. Soalnya jersey yang digunakan untuk seragam tim atau komunitas, kalau kita pakai pasti bakalan jadi identitas yang menunjukkan kalau kita ikut dalam komunitas olahraga.

Selain buat keren-kerenan, jersey juga punya banyak kelebihan. Apalagi yang bahannya bagus, udah pasti bakalan lebih awet kalau dipakai. Melihat banyak kelebihan dari jersey dan sejak saya nemu web jerseykita, saya jadi punya rencana untuk bikin jersey buat running. Meskipun olahraga larinya cuma hari Minggu sih, ya.
[Jersey futsal - Sumber : jerseykita.com]
Nah, ini dia 4 alasan, kenapa sebaiknya kita mempercayakan custom desain ke jerseykita;

Custom untuk kebutuhan pribadi dan tim,
Kalau biasanya di tempat lain mau custom desain harus ada minimal order, di jerseykita nih bisa buat untuk kebutuhan personal. Nah, kalau buat personal aja bisa, apalagi buat tim, jelas bisa banget. Mau yang kayak gimana aja sesuai keinginan, bisa banget. Jadi cocok juga kalau buat yang mau pesen buat event olahraga.

Jaminan Bahan Berkualitas
Material untuk bahan yang digunakan sudah dipastikan terbaik oleh pihak jerseykita. Saat kamu order, kamu bisa memilih bahan yang seperti apa yang mau digunakan. Kualitas yang prima memang jadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh pusat jersey ini.

Trusted
Keunggulan lain yang dipertahankan dari pusat jersey ini adalah kepercayaan pelanggan, karena semua informasi yang ditampilkan jelas. Mulai dari websitenya, nomor whatsapp, nomor telepon yang bisa dihubungi, ada akun official intagram dan bahkan youtubenya juga.

Jadi buat yang mau pesen di jerseykita sudah gak perlu ragu lagi, karena semua transaksi dijamin aman dan barang pasti sampai ke customer. Transaksi pembayarannya pun juga dijamin aman karena rekening yang digunakan resmi milik perusahaan.

Jasa Design yang Handal
Kadang kita pengen banget pesen jersey yang designnya limited, tapi sering mengurungkan niat karena gak punya skill design grafis. Nah, di jerseykita ini, bisa banget minta untuk dibuatkan design sesuai keinginan kita. Jadi jangan sungkan- sungkan untuk menghubungi CS dari jerseykita. Ada banyak template design yang oke dan bisa dikustom sesuai keinginan kita.

Lalu, gimana cara pesennya?
Mudah banget, kalian cukup buka website dari jerseykita.com, kemudian klik tombol pesan sekarang yang ada di kanan atas.

Setelah itu akan direct ke nomor whatsapp, nah pesen deh. Disitu nanti, kita akan diarahkan untuk proses pemesanan. Mulai dari pengiriman desain, transfer, order kita diproses, sampai barang sampai di tangan kita. Pokoknya anti ribet deh.

Jadi tunggu apalagi? Yuk bikin jersey olahraga yang high quality sesuai keinginanmu hanya di jerseykita.com.

WA : 62857-2811-2197
Youtube : jerseykita dotcom
Instagram : jerseykitadotcom



Selasa, Juli 16, 2019

Wajib Tahu Kriteria KTA yang Aman dan Terpercaya

  1 comment    
categories: 
Sejak mulai kerja tetap sebagai anak kantoran 2 tahun kebelakang ini, saya sebagai gen Z yang lahir di tahun 90’s, mulai mikir soal kesejahteraan masa depan. Tiap kali gajian selalu berusaha untuk menyisihkan 30% untuk simpanan dana darurat. Soalnya saya juga gak bisa memastikan selamanya akan ada di posisi aman seperti sekarang, dalam finansial. Betul saja, dalam setahun belakang ini, ada cukup banyak pengeluaran tak terduga yang harus saya hadapi. Bahkan saya juga memberanikan diri untuk berkenalan dengan pinjaman KTA.

Hal ini dikarenakan ada beberapa kebutuhan yang sangat mendesak dan tidak bisa dinomor duakan. Selain itu, baru- baru ini keluarga kami melakukan pembelian dengan nominal yang cukup besar.

Intinya tahun- tahun ini merupakan tahun yang cukup menguras tabungan. Pertama kali saya melakukan pinjaman KTA dengan nominal yang kecil, untuk menutup biaya tak terduga.

Hal ini saya lakukan, karena saya pribadi tidak ingin merepotkan keluarga atau teman. Namun tidak lama setelah itu, secepatnya bahkan sebelum jatuh tempo atau term of payment terjadi, saya sudah menutup pembayaran secara penuh.

Saat itu saya memilih pinjaman KTA sebagai solusi karena Kredit Tanpa Agunan ini masuk dalam kategori kredit konsumtif. Selain prosesnya cepat jika memenuhi syarat dan mudah, saya juga tidak perlu menjaminkan aset yang saya miliki. Apalagi pinjamannya juga dalam skala kecil.

Sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman KTA, saya melakukan banyak riset mengenai salah satu inklusi keuangan ini. Apalagi sekarang juga sudah mudah sekali kalau pengen tahu dan membandingkan pinjaman KTA dengan bunga yang kecil secara online.

Cukup dengan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, kita bisa mengajukan aplikasi pinjaman. Banyak produk pinjaman KTA yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Namun yang perlu dipahami, tidak semua aman dan terpercaya. Itulah kenapa kita harus selektif saat memilih dan memutuskan. Supaya tidak terjadi bad debt saat menggunakan layanan keuangan ini.

Selain itu, ada beberapa kriteria yang wajib diketahui sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman KTA. Nah, CekAja.com bisa jadi solusi untuk membandingkan produk pinjaman KTA yang aman dan terpercaya.
[sumber : cekaja.com]

Apa saja sih kriteria pinjaman KTA yang aman dan terpercaya?


Lembaga pinjaman terdaftar Otoritas Jasa Keuangan, ini kriteria mutlak yang harus dimiliki oleh penyedia pinjaman yang terpercaya. Lembaga keuangan yang terdaftar di OJK artinya sudah melewati berbagai tahapan uji kelayakan untuk dapat mengantongi izin dari OJK sebelum beroperasi. Nah dengan adanya OJK ini, kita sebagai konsumen juga dapat perlindungan jika terjadi hal- hal yang tidak diinginkan.

Memiliki email dan situs resmi, lembaga penyedia jasa pinjaman juga harus memiliki email yang jelas perusahaan dan bukan gratisan seperti gmail ataupun yahoo. Sedangkan untuk situsnya, setidaknya diawali dengan "https" yang artinya menggunakan protokol socket secure layer (SSL) yang menyediakan proses enkripsi pada pertukaran data untuk mencegah terjadinya pencurian dan penyadapan data pengguna.

Transparan, penyedia jasa pinjaman KTA yang aman dan terpercaya pasti akan selalu transparan dalam menawarkan produknya. Mulai dari mekanismenya, terms of paymentnya, simulasi cicilan dan bunga. Sehingga debitur tidak akan merasa dirugikan karena sudah mengetahui segala resiko transaksinya.

Bunga yang diterapkan wajar, sebagai lembaga yang aman dan terpercaya, sudah tentu akan menerapkan bunga yang wajar. Sebagai acuan untuk melakukan pinjaman, kita bisa membandingkan bunga di pinjaman online dan bunga bank.

Nah, kalau udah tahu kriteria pinjaman KTA yang aman dan terpercaya. Sekarang kita juga wajib tahu nih, apa saja sih syaratnya untuk mengajukan KTA supaya bisa diapprove.

Soalnya tidak semua debitur akan diapprove begitu saja oleh penyedia pinjaman KTA, karena lembaga yang menyediakan pinjaman pasti akan melihat history kita.

Ini dia syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengajukan KTA; Fotokopi identitas seperti KTP, kartu keluarga dan surat nikah (jika sudah berkeluarga),
Fotokopi NPWP pribadi/ SPT PPh 21,
Cetak rekening tabungan selama 3 bulan terakhir,
Slip gaji untuk karyawan atau profesional Taguhan Kartu Kredit (jika memiliki),
Salinan SIUP, TDP, NPWP Perusahaan (untuk wiraswasta) dan dokumen lain untuk profesional lain,
dan yang paling penting materai.

Kalau sudah tahu apa saja syaratnya, kita juga wajib tahu tentang suku bunganya, KTA sendiri biasanya ada di suku bunga 10- 23% dan juga dibagi menjadi dua, yaitu fixed rate, suku bunga tetap dan tidak akan berubah dan floating rate, suku bunga mengambang sehingga akan berubah- ubah.

Pinjaman KTA sebetulnya sangat membantu jika dipergunakan dengan sewajarnya dan sebenar- benarnya. Selain itu kita juga harus komitmen dalam pembayaran, supaya tidak terjerat dalam bad debt. Kalau mau tahu lebih cek di sini, ya https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan.

Kamis, Juli 11, 2019

FUS Pada Kucing dan Kematian Pomilo

  23 comments    
categories: 
[Milo saat belum tahu kalau sakit FUS]
Jujur sedih sekali menuliskan ini. Rasanya masih belum ikhlas kalau ingat lagi soal kematian Milo (kucing saya). Buat temen- temen yang udah cukup lama jadi pembaca blog ini, pasti tahu kalau saya punya kucing jantan. Kurang lebih sekitar 4 tahunan memelihara.

Jadi Milo ini kena FUS atau biasa disebut dengan Feline Urologic Syndrome. Simpelnya kucing ini kena sakit kemih bawah. Kalau pada manusia biasa disebut dengan Infeksi Saluran Kemih (ISK). Saya sendiri sebetulnya sudah mulai curiga kalau Milo susah saat buang air.

[Senang fotoin dia karena manut]
Beberapa kali saya lihat dia ngeden- ngeden di box pasirnya. Tapi entah kenapa kok saya gak ngeh kalau sampai kena FUS, karena asupan minumnya juga masih banyak.

Padahal nih, tiap kali dia ada gejala sedikit aneh saja, seperti misal lemas, atau jalannya pincang, saya pasti langsung cek semua badannya. Kali saja ada benjolan atau luka yang dialami tiap kali habis pulang main.


Saya menyesal sekali karena tidak bisa memberikan pengobatan lebih cepat dan terbaik, mungkin kalau sejak awal saya aware dengan kondisinya, bisa jadi hingga saat ini Milo masih ada bersama saya.

Ngomong- ngomong, ini tepat satu minggu Milo mati dan baru hari ini saya punya niatan menuliskan cerita merawat Milo saat sakit. Kemarin- kemarin, saya masih suka mewek tiap kali lihat hal- hal yang berhubungan dengan kucing tua itu.


Jadi tanggal 1 Juli, Milo masih seperti biasanya, rutinitasnya masih sama, pagi membangunkan saya, menunggu sampai saya bangun dan memberinya makan, menunggunya sejenak untuk makan, masih minta dielus- elus kepala dan perutnya, dan sorenya juga menunggu saya pulang di depan rumah. Bahkan saat itu saya masih sempat mengambil video dia berjalan ke arah saya.


2 Juli kondisinya juga masih sama, hanya saja saat itu dia sama sekali gak keluar rumah, padahal biasanya habis makan udah langsung meluncur ke atap dan main ke tetangga sebelah yang punya kucing betina.

Nah di tanggal 3 Juli ini, pagi hari saya lihat bagian kaki belakangnya basah dan sedikit kaku. Tapi Milo juga masih makan seperti biasanya. Jadi saya rasa kucing ini mungkin habis main di air. 

[Sore hari setelah selesai dikateter]
Tapi hal yang bikin saya kaget adalah, saat saya mau berangkat kerja, Milo (maaf) muntah dengan warna yang keruh. Namun karena saat itu saya sudah mepet waktu untuk kerja, saya tinggal berangkat dan saat udah sampai di kantor coba googling, di situ tertulis kemungkinan terkena virus semacamnya. Karena memang saat ini sedang marak virus yang menyerang kucing.

Baca Juga : Ganasnya Virus Calici Pada Kucing


Tak lama setelah itu saya telepon adik untuk bawa Milo ke drh. Retno. Drh ini juga drh yang menangani Milo dan Mili, kucing saya saat masih usia 3 bulan. Jadi saya pikir, disitu drh yang paling dekat dan dulu sudah pengalaman menangani kucing saya, meskipun cuma suntik saja.


Baca Juga : Pengalaman Baru Merawat Kucing Sakit


Rupanya, Milo terkena FUS dan harus diopname untuk dikateter (disedot urinenya). Saya terus memantau perkembangan Milo, sore hari saat sudah selesai kantor saya juga berkunjung ke sana untuk melihat kondisinya.


Namun saat itu masih setengah sadar karena masih dalam kondisi dibius. Tapi yang bikin terharu adalah, saat saya kesana dan elus kepalanya, dia seperti merespon dengan menggerakkan tubuhnya. Padahal kata penjaganya, sebelum- sebelumnya gak bergerak sama sekali. 


4 Juli 

Pagi hari saya coba untuk mengirim pesan ke drh, tentang perkembangannya. Karena saat itu perasaan saya gak enak banget.

Kayak tiba- tiba mau nangis dan jujur saya stress ngadepi kucing yang sakit. Tapi syukur, info dari Drh. Retno saat itu menenangkan hati saya.
[Foto kiriman drh]
 Kabarnya Milo sudah bisa minum sendiri, meski belum mau makan. Saat itu saya juga dikirimi foto terbarunya. Wah lega banget ya rasanya. Saat siang saya kembali di WA oleh drh Retno.

Mengabarkan kalau lebih baik Milo dibawa pulang saja karena di sana kucing ini agak stres. Jadi hanya diobat jalan saja. Karena Milo ini juga sudah bisa pipis sendiri setelah dikateter.


Emang sih, Milo ini kucing dengan kepribadian yang penakut sekali. Jarang mau ketemu dengan orang lain, selain orang di rumah kami. Bahkan saat dia sedang bersantai di ruang tamu, lalu tiba- tiba ada orang masuk saja, dia bakalan langsung lari terbirit- birit.

Sore hari setelah saya pulang kantor, Milo saya jemput dan bawa pulang. Tapi kondisinya masih sangat lemas. Apalagi saat mendengar cerita penjaga kliniknya, jantung saya rasanya kayak anjlok karena pagi hari tadi, Milo sempat kritis dan dikira dokternya sudah mati. Pantes aja perasaan saya kok gak enak banget. 

[Kondisi saat di rumah]

Nah, setelah saya bawa pulang dia masih bisa angkat kepala dan mengubah posisinya. Tapi kondisinya sangat lemas dan jujur kasihan banget lihatnya. Dititik itu saya bilang sama Milo "Yawisla Mil, kok kasian banget liatnya. Kamu minta dibawa pulang cepet meh pamitan ya. Nek emang mau pergi gpp".


Tapi masih tetap berharap Milo bisa sehat kembali.

Sebelumnya juga pernah kejadian Milo sakit seperti ini, tapi karena berantem. Udah sekarat banget dan seminggu lemas terus. Sambil saya spet makanan, saya suka bilang sama dia yang intinya saya gak rela dan gak ikhlas kalau sampai mati.

Alhamdulillah selalu kembali sehat. Tapi kali ini melihatnya sudah kesakitan seperti itu rasanya saya gak tega. 
[Saya elus- elus kepalanya masih respon]
Malam harinya, terakhir saya lihat Milo masih bernapas itu jam 23.00, sesekali saya masih spet air mineral supaya dia gak dehdirasi.

Rencananya kalau besok pagi masih lemas, saya mau bawa ke drh lain supaya dapat penanganan yang lebih bagus. Tapi waktu jam 2 pagi saya bangun, saya lihat Milo lagi.

"Loh, kok wis gak ambekan?" - (loh kok sudah gak bernapas?).


Buru- buru saya buka kandanganya dan pegang badannya. Masih belum sepenuhnya kaku tapi memang sudah gak bernapas. Saat itu ada bapak saya juga yang bangun. Saya nangis dong, meski udah bilang kalau gpp kalau kucing saya pergi, tapi ada rasa sakit di dada yang gak bisa dijelaskan. 

Paginya setelah subuh, saya minta kain putih ke ibu. Saat itu ibu belum tahu kalau Milo sudah mati. 


"Bu, ada kain putih?"


"Ada, buat apa?"


"Milo mati"


"Lho, ya Allah, lha katanya sudah bisa pipis to. Jam berapa?"


".... jam 2" - suara saya udah parau. Nangis.

[Sudah gak bernaywa]
Lalu, bapak sudah siapkan kuburan Milo di belakang rumah. Disitu bapak besarkan hati saya - aduh mbrambangi lagi nih. 

Beliau bilang, "Kucingmu itu wis bagus perawatannya, kalau gak lho udah dari dulu- dulu mati itu pas sekarat itu".


Saya cuma diem aja waktu itu, sampai akhirnya saya bilang kalau gak tega, kok matinya kesakitan gini. 

"Ya sama kayak orang, matinya kan ya dengan cara macam- macam. Kucingmu itu sudah tua, wis wayahe" - Bapak.


---------------------------------------------------------------------------------


Begitu ceritanya kucing saya kena FUS dan akhirnya tidak survive. Sebetulnya hari ke 4 setelah Milo mati, tiap kali saya lihat barang- barang yang berhubungan dengan kucing ini, seperti wadah makan, kandang, tempat yang biasa dia gunakan untuk menunggu saya pulang.


Saya masih suka nangis sendiri karena sedih. Kayak masih kerasa pegang bulunya yang halus dan lembut. Matanya yang syahdu tiap kali lihat saya, suara dengkurannya dan bagaimana dia percaya kepada saya, dengan menunjukkan perutnya untuk saya elus- elus.

Btw, kucing kalau dah goleran di depanmu itu, artinya kucing tersebut sudah sepenuhnya percaya padamu. Karena perut adalah bagian paling rawan pada kucing. 

Ya gimana ya, namanya juga udah dirawat sejak masih kecil banget, lho. Bonding selama 4 tahunan ini kan ya erat banget. Jadi saya sendiri juga gak mudah lupakan Milo begitu saja. Apalagi dia kesayangan saya banget. Banget banget banget deh.


Padahal kemarin- kemarin saya udah ada mikir, kalau kucing ini mau saya steril biar masa hidupnya bisa lebih panjang karena kalau sudah disteril kan bisa mengurangi resiko seperti sakit- sakitan.


Jadi gimana sih kok kucing itu bisa kena FUS? Nah, FUS ini sebetulnya lebih rentan menyerang kucing jantan, karena saluran kencing kucing jantan itu lebih panjang dan berkelok. Tapi bisa juga menyerang kucing betina.

Kalau pengalaman saya, kucing ini terlalu banyak mengonsumsi makanan kering (dry food), padahal sebetulnya komposisi makanan Milo sudah saya mix. 

Kadang makanan basah (wet food) juga atau tempe kukus. Tapi ternyata juga masih belum maksimal. Nah, makanan kering itu juga mineralnya sedikit banget, maka dari itu kucing harus banyak minum. 


Kayak yang saya bilang tadi, Milo itu minumnya banyak, jadi saya gak ngira kalau bisa sampai kena FUS. Selain itu, FUS juga sering menyerang kucing usia 4 tahun atau lebih.



[Bakalan kangen banget]
Andai bisa tahu dan ngeh lebih cepat, mungkin Milo gak akan sampai muntah. Setelah saya pelajari, kemungkinan Milo sudah keracunan urinenya sendiri. Sedih banget, karena kucing saat sakit tidak pernah menunjukkan kalau dia sakit, tau- tau aja udah parah. 

Terima kasih, Milo. Sudah memberi warna indah selama 4 tahun ini. Semoga kedepannya, kalau saya sudah berani pelihara kucing lagi, bisa lebih baik dalam perawatannya. 


Milo ini istimewa sekali bagi saya, karena dia yang memilih saya sebagai pemiliknya. Sleep Well, My Lovely.