Tampilkan postingan dengan label Selfnotes. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Selfnotes. Tampilkan semua postingan

Rabu, Mei 22, 2019

Momen Seru Ramadan di Masa Kecil

  1 comment    
categories: 
"Waduh udah mulai ada iklan sirup, udah mau puasa!"

Haha.. Bener banget deh, dulu kalau di tv sudah mulai muncul iklan sirup, itu tandanya bulan ramadan udah deket banget. Banyak hal seru waktu kecil saat ramadan. Inget banget dulu belajar puasa waktu masih TK, itupun angot- angotan karena yang jelas susah kalau harus menahan lapar, apalagi kan gak boleh jajan.

Saat TK A dan B saya puasa setengah hari, begitu kelas 1 SD sudah mulai puasa penuh, meski jarang- jarang. Belajar puasanya juga masih setengah- setengah, cuma semangat kalau dijanjiin uang atau baju baru. Basic.

Tapi buat anak generasi 90an kayak saya, ramadan zaman dulu rasanya jauh lebih seru dibanding sekarang. Ada banyak euforia yang hilang selama ramadan saat sudah dewasa. Masa ramadan saat kecil rasanya sungguh menyenangkan, penuh adrenalin dan yah sekarang cuma bisa jadi kenangan. 

Dimulai dari habis sahur, saya bersama teman dan kakak tingkat satu lingkungan, selalu janjian ke mushola. Lepas subuh kami semua jalan- jalan menyusuri kampung dan desa tempat kami tinggal. Menjelajah kebun belakang rumah warga, bermain di sawah, bahkan susur sungai. 

Apalagi zaman dulu kan sekolah juga libur selama satu bulan penuh saat ramadan. Jadi makin asyik dan seru. Tapi pernah juga sih, saat ramadan masih harus masuk sekolah. Jadi kami hanya akan jalan- jalan di hari Minggu saja. 

Kalau lagi puasa, siangnya saya gak pergi kemana- mana, hanya di rumah saja, ngadem sambil nonton tv. Atau kalau enggak ya bantu ibu ngupas bawang merah, putih saaja buat persiapan masak buka puasa.

Kalau pas sore tiba, saya dan teman- teman secara otomatis akan datang ke mushola untuk mengaji. Nah, karena banyak yang mengaji di mushola, para tetangga di area mushola juga memberikan takjil secara sukarela.

Baik itu es, kolak, buah, bahkan makanan. Biasanya sih kami menunggu sampai adzan maghrib tiba dan melakukan jama'ah, baru setelah itu kami buka puasa di rumah masing- masing.

Saat menjelang isya' pun demikian, tanpa harus disuruh oleh ibu, bapak. Kami otomatis akan berangkat ke mushola untuk turut meramaikan tarawih. Entah itu mau sholat atau enggak, tapi tiap tarawih hampir gak pernah absen deh. Lalu, lanjut tadarus hingga pukul 10.00. 

Dulu melakukan banyak kegiatan semacam itu rasanya senang dan ringan. Beda banget sama sekarang, kadang pengen mengulang momennya, meneladani semangat berkegiatan seperti dulu. Tapi apa daya, temen- temennya dah memisahkan diri semua. 


Selasa, Mei 21, 2019

Kapan Sebaiknya Melakukan Zakat, Infaq dan Shodaqoh?

  2 comments    
categories: 
[Sumber : konsultasisyariah]
Bulan ramadan bulan yang penuh dengan keistimewaan, utamanya untuk menambah pahala dan ilmu. Beberapa hari ini saya lagi suka banget dengerin pengajian di radio, pembahasannya pun gak jauh sama ilmu- ilmu islam. Lumayan sambil nyuci baju bisa dapat ilmu yang insya Allah bermanfaat.

Pas banget pembahasannya tentang zakat, infaq dan shodaqoh. Tiga amalan yang mengajarkan kita untuk pandai bersyukur, karena ternyata di luar sana masih banyak orang- orang yang kehidupannya kurang beruntung dibanding kita.

Selain itu kan, bentar lagi juga lebaran. Sudah pasti kita sebagai muslim wajib membersihkan diri dan harta lewat zakat. Zakat sendiri dibagi menjadi 2, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Nah kalau zakat fitrah itu kita keluarkan saat ramadan, sedangkan zakat mal adalah zakat harta kita.

Banyak yang bertanya, kapan sih sebaiknya membayar zakat ini? Sebetulnya zakat fitrah ini bisa dibayarkan kapanpun sepanjang masih berada di bulan ramadan. Jadi kita boleh membayar zakat mulai hari pertama ramadan, sampai dengan malam takbir jelang idul fitri.

Tapi ada juga yang bilang, waktu paling afdol untuk membayar zakat fitrah adalah saat matahari tenggelam bersamaan dengan menjelang takbir berkumandang. Maka dari itu, sebaiknya jangan sampai terlewat dalam membayar zakat. Karena zakat ini merupakan penyempurnaan amal ibadah kita selama bulan suci ramadan.

Sedangkan infaq biasanya lebih familiar dengan pengeluaran harta. Trust me, infaq ini paling bagus dikeluarkan saat kita dalam kondisi tidak punya uang. Hehe. Soalnya kan berat banget tuh pasti, orang lagi gak punya uang kok malah disuruh berinfaq.

Tapi, ada hal- hal yang tidak bisa dijelaskan ketika kita dengan lapang hati menyumbangkan sebagian rejeki kita kepada orang lain, meskipun saat kondisi keuangan kita sedang tidak bagus. Yakin pasti ada hal baik setelahnya.

Nah yang terakhir, shodaqoh atau sedekah biasanya selalu dikaitkan dengan ungkapan senang dan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa. Maka dari itu, biasanya sih shodaqoh selalu dibarengi dengan kegiatan seperti syukuran atau walimah pernikahan.

Namun kita bisa juga bersedekah kapanpun tanpa harus menunggu momen syukuran atau sejenisnya, namun waktu yang paling baik untuk bersedekah adalah secepatnya dan sebisanya. Baik saat kita sehat ataupun sedang dalam kondisi kurang memiliki harta benda. Selain itu, hari Jum’at juga waktu yang sangat bagus untuk bersedekah.

Yuk, mari kita biasakan diri untuk saling membantu sesama dengan cara tidak kikir pada nikmat yang kita dapatkan.

Minggu, Mei 19, 2019

Tips Mengelola THR

  No comments    
categories: 

Lebaran ternyata sudah tinggal menghitung hari saja, tak terasa sudah mulai muncul bisik- bisik tetangga tentang kapan sih cairnya THR dari kantor. Saya pribadi sebenernya gak terlalu memikirkan gaji 13 ini. Meski dalam hati juga seneng banget bisa buat tambahan bonus liburan dan lagi, 2019 ini adalah tahun pertama saya akan menerima THR dalam nominal penuh.

Memang di tahun- tahun sebelumnya, saya hampir tidak pernah menerima THR karena saat itu suka pindah- pindah tempat kerja. Baru sejak tahun 2017 akhir, hingga saat ini saya menetap di sebuah perusahaan yang lumayan bisa bikin saya bertahan. Tahun lalu juga sudah terima THR sih, meski tidak secara penuh. Alhamdulillah.

Gara- gara teman kantor bahas soal THR, akhirnya muncul juga omongan tentang enaknya kalau udah dapat THR, uangnya mau dipakai apa sih?. Banyak juga yang bilang mau dibuat persiapan lebaran, mengingat di tempat kami THRnya H-7. Ada juga yang bilang mau ditabung aja.

Saya sendiri juga jadi mikir, enaknya buat apa ya THR ini? Soalnya kalau dinilai dari nominal kan lumayan juga. Akhirnya kepikiran buat mengelola THR ini biar bermanfaat di bulan- bulan berikutnya. Kemarin waktu ketemu sama teman, dan sharing soal ini juga akhirnya dapat pencerahan.

Ada beberapa tips yang dianjurkan oleh teman saya, katanya cara cerdas mengelola THR, biar kedepannya sejahtera. Apa aja sih?
Sisihkan untuk ditabung, jangan lupa untuk sisihkan uang yang kita terima. Bukannya disisakan. Jadi sejak awal berkomitmenlah dengan diri untuk menyisihkan terlebih dulu THR ini. Misalnya minimal 30% dari jumlah yang diterima.

Segera bayar hutang, kalau punya hutang. Ini wajib ya. Posisikan diri kalau kita yang ada di pihak pemberi hutang. Segera bayarkan loan kita, jangan ditunda- tunda. Karena saat hari raya, semua orang pasti butuh dana yang lebih banyak. Selain itu kita juga jadi gak punya tanggungan lagi kan. Bebas lepas bisa tidur nyenyak.

Siapkan untuk lebaran, untuk yang sudah bekerja namun belum berkeluarga biasanya sih belum mikir banyak hal ya waktu lebaran. Mungkin sekedar beli sesuatu untuk isian toples dan baju saja.

Kalau masih sisa, coba berinvestasi. Saya juga ada pikiran untuk memasukkan dana lebih ini dengan menabung emas di pegadaian. Cukup lumayan juga untuk dana darurat nantinya.

Nah, buat yang terima THR jangan lupa sedekahnya juga ya. Buat yang gak terima THR, semoga rejekinya dapat dari yang lainnya. Aamiin.

Sabtu, Mei 18, 2019

Cara Memilih Gaya Rambut Pria Sesuai Bentuk Wajah

  No comments    
categories: 

Generasi 90'an kayak saya, pernah lihat kayak gini di salon waktu mau potong rambut? Bahkan sampai sekarang, 80's Top Collection ini masih terpampang nyata di beberapa salon yang pernah saya datangi untuk potong dan cuci rambut. Mereka sungguh legend.

Rasanya dulu waktu mau potong rambut di salon, pasti yang dilihat pertama kali adalah poster- poster semacam ini. Sebelum rabut kita dipotong, petugas salonnya pasti menyuruh kita untuk memilih model gaya rambut seperti apa yang ingin dia kerjakan untuk kita. Haha..


Kalau saya sejak mulai menggunakan hijab, memang selalu potong rambut sependek mungkin. Kalau bisa di atas leher karena saya sangat tidak suka dengan kondisi gerah. Jadi gak pernah pusing mikir gaya rambut kayak apa.


Tapi kadang hal ini juga jadi dilema tersendiri, dengan pilihan potongan rambut yang asal, suka bikin penampilan saya jadi aneh kalau lagi di rumah dan gak pakai hijab. Hal ini suka dikomplain oleh ibu dan adik. Haha


Ternyata, memilih potongan gaya rambut dan menyesuaikannya dengan bentuk wajah cukup penting supaya penampilan kita jadi paripurna. 


Karena kemarin sudah bahas hijab khusus para ladies, kali ini mau bahas soal gaya rambut pria dan caranya memilih menyesuaikan dengan bentuk wajah. Biar blog saya eceknya merangkul semua gender gitu ya. Ohya, secara umum ada empat bentuk wajah, yaitu oval, bulat, heart (segitiga) dan square (kotak). 


Memilih gaya rambut untuk bentuk wajah oval, banyak yang menganggap bentuk wajah ini ideal karena porposinya yang pas. Namun tidak serta merta orang yang punya bentuk wajah ini menjadi sempurna, ya.

Seseorang yang memiliki wajah oval cenderung cocok dengan hampir semua gaya rambut sehingga menjadikan pemiliknya tidak kesulitan dalam memilih model rambut.


Namun yang paling bagus adalah dengan potongan pendek sejenis undercut, yaitu potongan tipis di kanan kiri dan belakang. Potongan ini akan membuat pemiliknya jadi terlihat rapi dan trendi.

Selain itu juga bisa memilih gaya rambut mohawk dan potongan gaya rambut klasik.

Seseorang yang memiliki wajah bulat sebaiknya memilih gaya rambut yang memiliki volume. Misalnya spike (bagian atas ditarik ke belakang), pendek belah samping, cepak dengan jambang juga oke. Intinya hindari gaya rambut yang membuat wajah semakin bulat. 

Buat yang punya wajah kotak, kalian perlu punya gaya rambut yang membuat wajah kalian tidak terlihat kotak lagi. Misalnya dengan menggunakan gaya rambut layered hairsyle, sehingga kesannya menambah panjang wajah.

Selain itu kamu juga bisa memilih potongan cepak dengan belah samping. Gaya rambut ini bisa jadi pilihan yang tepat kalau kalian mau main aman.

Bentuk wajah ini hampir sama seperti wajah oval. Sehingga cocok dengan sebagian banyak gaya rambut yang ada. Misalnya seperti rambut panjang atau setengah panjang. Namun lebih baik menghindari potongan yang terlalu pendek.

Jadi, gaya rambut yang mana yang cocok untuk kamu?

Jumat, Mei 17, 2019

Tutorial Hijab Segi Empat untik Pergi Kondangan

  No comments    
categories: 

Halo para ladies, hehey. Kali ini bikin postingan khususon para wanita- wanita yang punya problem bingung tiap kali mau pergi kondangan enaknya pakai model hijab seperti apa.

Apalagi buat yang baru pakai hijab, biasanya koleksi hijabnya juga masih belum banyak. Tapi semua yang berhijab pasti punya salah satu jenis hijab segi empat.

Memang sepertinya kepemilikan hijab segi empat itu wajib, soalnya selain harganya juga sangat terjangkau, tergantung merk dan bahannya. Hijab ini juga mudah banget kok ditemukan di mana- mana. 

Nah, ada beberapa tutorial hijab kondangan yang simpel dan anti ribet nih yang mungkin bisa dicoba, judulnya saya kasih hijab simpel ya teman- teman, 

Hijab simpel 1

Gunakan ciput ninja atau inner topi dengan warna yang netral atau sesuai warna baju. Lipat hijab segi empat menjadi bentuk segi tiga, pakai seperti biasanya dengan layer yang sama panjangnya.
[Waktu kondangan ke mantan. hehe]
Kemudian kaitkan hijab di bawah dagu dengan peniti. Langkah terakhir, tarik kedua layer secara berseberangan. Kanan tarik ke kiri dan sebaliknya, lalu ikat di belakang leher. Jika suka pakai aksesoris bisa banget pakai bros atau peniti yang lucu- lucu.

Hijab simpel 2

Kalau yang kedua ini juga gak kalah simpelnya, gak perlu waktu lama buat bikin jilbab kayak gini. Caranya masih sama kayak yang pertama. Jangan lupa pakai inner ya.

Lipat jilbab segi empat menjadi bentuk segitiga, kemudian pasang di kepala. Panjang layer boleh disamakan saja, kemudian tarik layer kiri ke arah kanan, tepatnya di atas telinga. Pasang peniti antara inner dan hijab. Lalu layer yang kanan tarik ke belakang kepala dan beri bross. Mudah bukan?

Hijab simpel 3
Dalam menggunakan hijab saya rekomen buat temen- temen selalu pakai inner bandana atau inner topi ya, supaya rambut kita tetap rapi dan tidak mencuat keluar hijab. 

Hijab simpel yang ke tiga ini juga gak kalah simpelnya. Ya harus simpel karena namanya aja tutorial simpel. Lipat hijab segi empat menjadi dua bagian, jadi memanjang seperti pashmina. Letakkan di kepala.

Usahakan layer kanan lebih panjang daripada yang kiri, pasang peniti di bawah dagu. Selanjutnya layer kanan yang panjang menjuntai tarik ke kiri dan kaitkan dengan bross di atas kepala. Atur supaya terlihat rapi.

Meskipun simpel, model hijab ini banyak digunakan untuk look pergi ke kondangan. Apalagi buat yang suka buru- buru pergi gitu. Hehe. Semoga bermanfaat ya.

Rabu, Mei 15, 2019

Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut

  1 comment    
categories: 
[Dibuat dengan Canva]
Memiliki nafas yang segar memang dapat menambah rasa percaya diri kita, tapi kalau mulut kita berbau tidak sedap? Tentu akan membuat kita merasa malu dan minder, apalagi kalau lagi ngobrol sama orang lain.

Bahkan bisa jadi orang lain akan menghindar saat berbicara dengan kita karena tidak tahan dengan baunya. Halitosis merupakan bahasa medis dari bau mulut, masalah ini memang musuh utama dalam pertemanan.

Ada beberapa cara mudah yang bisa kita terapkan untuk mengatasi bau mulut, sekaligus menjaga kesehatan gigi dan gusi tetap sehat. Ini dia;

Berkumur dengan cuka apel dan air, menggunakan dua bahan ini sebagai mouthwash setiap pagi nyatanya dapat membuat nafas menjadi segar. Caranya campur satu atau dua sendok cuka apel dengan segelas air. Gunakan untuk berkumur dan bilas seperti biasanya.

Mengunyah permen karet bebas gula, mengunyah permen karet dapat menyegarkan napas, namun kamu harus memilih permen karet yang bebas gula dan yang rasanya mint. Selain meghilangkan bau mulut, permen karet juga menjaga produksi air liur dan menjadikan wajah sehat.

Rajin menyikat gigi, penyebab dari bau mulut salah satunya karena adanya tumpukkan plak yang lengket pada gigi. Sehingga mengumpulkan pasukan penyebab bau mulut. Rekomendasi dokter gigi Indonesia, sebaiknya kita menyikat gigi setidaknya dua kali setiap hari.

Selain itu juga rajin- rajinlah membersihkan gigi dengan benang atau dentafloss. Lakukan secukupnya saja, jangan terlalu sering. Jika memang diperlukan gunakan obat kumur. Selain membuat gigi lebih segar, obat kumur biasanya memiliki kandungan yang membuat gigi terasa kesat dan bersih.

Berkumur dengan air putih, cara ini paling mudah untuk menghilangkan bau mulut secara alami. Gunakan air putih biasa untuk berkumur setiap kali selesai makan, untuk menyingkirkan partikel makanan yang masih tersangkut di gigi.

Sebetulnya bau mulut itu dapat kita halau asal mulut kita selalu basah oleh air. Jadi jangan lupa untuk sering minum air putih ya. Selain menghalau bau mulut, tubuh kita juga jadi lebih sehat.

Minggu, Mei 12, 2019

Tips Jitu Menghilangkan Ketombe Secara Alami

  No comments    
categories: 


Kepala yang sering terasa gatal bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat beraktifitas.  Apalagi kalau waktu lagi kerja dan harus berjumpa dengan banyak orang. Pastinya sangat mengganggu dan terlihat kurang elegan.


Dulu saya juga pernah mengalami masalah kepala sering gatal saat awal- awal menggunakan jilbab, karena belum terbiasa jadi kepala terasa panas dan saya sering keramas supaya kepala menjadi dingin. Alih- alih jadi dingin dan nyaman ternyata sering mencuci rambut tidak bagus juga untuk kulit kepala. Akhirnya muncullah ketombe yang malah membuat kepala saya semakin gatal.

Apa saja sih sebenenarnya penyebab ketombe yang mengganggu ini?

Terlalu Sering Keramas, kepala yang sering dicuci ternyata dapat menyebabkan rambut tidak memiliki waktu yang cukup untuk memproduksi minyak alami supaya rambut  tersebut tidak kering dan berketombe.

Jarang Keramas, nah kalau yang ini kebalikannya. Terlalu jarang keramas juga tidak bagus untuk rambut karena kalau kita jarang mencuci rambut, kulit kepala yang mati terus menerus menumpuk dan dapat menyebabkan ketombe. Jadi, idealnya berapa lama sih harusnya kita mencucirambut? Sebetulnya tidak ada alas an baku mengenai waktu mencuci rambut. Disesuaikan saja dengan aktivitas fisik kita dan juga kesehatan. Tapi normalnya cukup 2-3 kali saja dalam satu minggu.

Produk yang digunakan kurang cocok, kandungan dalam shampoo atau conditioner yang kita pakai juga berpengaruh terhadap muncul atau tidaknya ketombe. Jadi jangan lupa pilih yang cocok dengan kondisimu ya supaya kulit kepala dan rambutmu tetap sehat.

Infeksi jamur malssezia, menurut penelitian keberadaan  jamur pada kulit kepala merupakan penyebab yang paling sering menimbulkan ketombe. Karena sifat jamur ini memakan substansi lemak pada sebum atau kelenjar keringat yang dapat memproduksi keringat di kepala.

Wah ternyata cukup banyak juga ya penyebab munculnya kulit mati pada kepala yang berwarna putih itu. Jadi gimana dong caranya untuk mengatasi bahkan menghilangkan ketombe nakal ini? Tapi kalau bisa dengan cara alami ya, supaya aman dan tanpa efek samping. Ini dia tipsnya menghilangkan ketombe dengan cara alami dan bahannya pun pasti ada di sekitar kita;

Garam, garam yang lazim digunakan sbagai bumbu dapur ini ternyata dapat kita digunakan untuk menghilangkan ketombe secara ampuh. Sifat bahannya menyerupai scrub mampu membantu mengangkat sel kulit mati pada kepala. Caranya mudah banget, cukup dengan menggosokkan garam dapur pada kulit kepala dan diamkan sekitar 20-30 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bawang merah, bawang merah yang memiliki sifat antibaktieri, sulfur serta kandungan lain yang ternyata juga bisa menghilangkan ketombe secara ampuh. Caranya juga hampir sama dengan penggunaan garam. Tapi bawang merah ini perlu dihaluskan dulu sebelum digunakan untuk menghilangkan ketombe.

Tumbuk bawang merah hingga menyerupai pasta, kemudian oleskan pada kulit kepala sambil dipijat halus. Diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih dan untuk menghilangkan baunya yang menyengat bisa dibilas dengan menggunakan shampoo yang cocok untuk kulit kepala kita.

Jeruk nipis/ Lemon, dua jenis jeruk ini merupakan jenis jeruk yang memiliki kandungan paling kaya dari vitamin C dan banyak kandungan lain. Selai itu ada asam sitrat yang membuat rasa asam. Manfaat vitamin C pada jeruk ini mampu mendorong tumbuhnya akar pada rambut sehingga dapat membantu menebalkan rambut dan mengatasi kebotakan.

Selain itu jeruk ini juga dapat mengatasi ketombe, caranya peras jeruk nipis dan campurkan dengan air secukupnya. Oleskan pada rambut dan diamkan supaya kandungannya meresap pada kulit kepala. Kemudian bilas dengan air bersih.

 Lidah Buaya, siapa sih yang gak tau tanaman kayak manfaat ini? Betul, lidah buaya memang sudah terkenal menjadi primadona untuk merawat rambut kita. Seperti menebalkan, menghitamkan, bahkan membuat rambut kita berkilau. Manfaat lain dari lidah buaya sendiri juga bisa menghilangkan ketombe secara alami.

Caranya kupas daging lidah buaya dan haluskan dagingnya. Kemudian oleskan secara rata pada permukaan kulit kepala, pijat dengan lembut supaya meresap. Biarkan dan bilas hingga bersih.

Dengan perawatan rutin secara alami dan dengan bahan yang mudah ditemukan, ketombe akan terhempas dan tidak akan berani kembali lagi.  

Sabtu, Mei 11, 2019

Tips Memaksimalkan Promo Belanja Online

  No comments    
categories: 
[Dibuat dengan Canva]

Siapa sih yang gak suka sama belanja? Pasti semua suka lah ya. Apalagi sekarang ini makin dimudahkan dengan sistem online.

Tinggal klak- klik, pilah dan pilih, bayar, kemudian tunggu barangnya datang. Sekarang semua serba mudah, karena banyak e-commerce yang memberikan berbagai macam penawaran yang menggiurkan buat para shoppaholic.

Tapi mungkin kita suka was- was ya kalau beli barang secara online, kadang takut barangnya gak bagus atau gak sesuai sama foto yang di pajang, terus takut harganya kemahalan dan yang lainnya.

Nah itulah kenapa kita harus jeli kalau mau beli barang- barang secara online. Sekaligus harus punya trik biar dapat harga super miring.

Ini dia tips memaksimalkan promo belanja online, biar makin untung;

1. Pastikan sudah punya akun di e-commerce yang sedang hype. Ini wajib ya, kalau ga punya gimana mau belanja. Hehe

2. Berlangganan Newslatter, seringnya tiap kali kita mendaftarkan akun ke sosial media atau situs tertentu pasti diberi penawaran untuk berlangganan newslatter.

Nah dengan newslatter ini kita bisa lebih update dan pastinya lebih banyak tahu tentang informasi- inforrmasi yang disediakan oleh situs tempat kita berlangganan.

3. Berburu kode promo di situs resmi, nah mungkin sudah banyak yang tahu kalau ada beberapa situs yang menyediakan kode-kode promo untuk kita gunakan berbelanja online. Di situs- situs ini kita bisa mendapatkan informasi serta cashback mengenai e-commerce yang sedang menawarkan promo.

Contohnya saja seperti shopback.co.id, picodi.com, iPrice.co.id, flipit.com, shopcoupons.co.id, saleduck.co.id, diskonaja.com, kodepromo.co.id dan voucherdiscount.id.

4. Sering buat wishlist di aplikasi belanja online, cara ini sebetulnya juga cukup ampuh. Karena beberapa kali saya buat wishlist dan langsung dapat notifikasi saat barang tersebut sedang promo.

5. Baca dan cermati syarat ketentuan setiap e-commerce, penting ya karena setiap e-commerce punya syarat dan ketentuan yang berbeda.

6. Beli seperlunya saja, biasanya disaat promo hasrat untuk membeli barang sangat besar karena kita anggap barang- barang tersebut harganya jauh lebih murah. Namun jangan lupa tetap tahan diri untuk berbelanja seperlunya saja. Bukan karena kita ingin lalu membeli semua barang yang ujungnya ternyata tidak kita butuhkan.

Nah itu tadi beberapa tips untuk memaksimalkan promo belanja online, semoga bermanfaat ya.


Senin, Mei 06, 2019

7 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit

  4 comments    
categories: 

Alhamdulillah bulan ramadhan telah tiba, bulan suci yang dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia. Saya bersyukur karena tahun ini masih dikasih kesempatan untuk menunaikan ibadah puasa dan bonusnya bisa puasaan di rumah bersama keluarga, tidak merantau lagi.

Nah kalau bulan ramadhan tiba, sudah jelas banyak kegiatan yang jadi berubah dari biasanya. Contohnya buat yang kerja, pasti jam kerjanya juga sedikit berkurang dari jadwal sebelumnya. Tempat di mana saya bekerja juga memberlakukan hal yang sama.

Kami masuk lebih awal dan pulang lebih cepat, dapat potongan sekitar 30 menit dari hari biasa. Alasannya simple saja, supaya bisa pulang kerja lebih awal dan untuk yang sudah berkeluarga bisa menyiapkan menu buka puasa .

Kalau yang masih single kayak saya gini enaknya kalau pulang kerja dan menunggu waktu buka puasa ngapain ya? Ohya ngabuburit aja!

Bulan puasa pasti kalau sore- sore identik banget sama ngabuburit. Nah, ngabuburit itu apa sih? Sebetulnya kata ngabuburit merupakan bahasa sunda yang asal katanya dari burit. Dalam bahasa Sunda sendiri burit artinya 'sore'.

Jadi ngabuburit itu bisa diartikan sebagai kebiasaan menunggu sore. Ngabuburit ini gak cuma digunakan di daerah Jawa Barat aja, tapi hampir di seluruh Indonesia, karena memang sudah familiar.

Nah ini dia beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat ngabuburit, biar waktu ngabuburitmu gak terbuang sia- sia.

Berburu Ta’jil
Saat bulan puasa tiba, sudah pasti mudah menemukan lapak ta’jil di sepanjang jalan atau pusat kuliner di kota tempat kita tinggal. Nah, biar waktu ngabuburitmu ada manfaatnya, kamu bisa mencari ta’jil seperti kolak atau pudding untuk berbuka.

Tapi ingat, jangan berlebihan ya. Orang puasa godaannya memang banyak, karena sudah menahan lapar dahaga serta ego sejak sebelum imsak, kadang kala lihat banyak jajanan memang suka bikin lapar mata.

Padahal, ketika kita sudah berbuka puasa, perut kita hanya akan mampu menerima secukupnya. Jangan lupa bawa ta’jil untuk orang di rumah, biar mereka juga senang.

Beres- Beres Rumah
Biar gak bosan menunggu waktu berbuka, kegiatan beberes rumah juga bisa jadi pilihan. Apalagi kalau yang di rumahnya punya adik kecil, rumah gak jauh- jauh sama yang namanya berantakan.

Selain bikin rumah jadi rapi dan bersih, kamu juga bisa sambil olahraga. Karena terus gerak dan bikin badan jadi lebih sehat. Bisa jadi alternatif pilihan olahraga yang gak terlalu berat.

Hunting Foto
[Senja di depan rumah]
Masuk ke bulan Mei ini, menurut perkiraan musim sepertinya sudah mulai masuk ke musim kemarau. Meskipun masih ada beberapa daerah yang turun hujan. Kalau di Kediri sih sudah jarang turun hujan dan cuacanya panas menyengat.


Kalau momennya seperti ini, bisa diperkirakan langitnya akan cerah sepanjang hari. Jadi pas banget tuh kalau mau hunting foto. Bisa jalan- jalan ke kota atau ke taman. Saya pribadi lebih suka hunting foto senja di sawah tempat saya tinggal.

Membuat Prakarya (DIY)
Siapa di sini yang suka nonton video di youtube soal Do It Yourself? Nah mumpung ada waktu longgar, kamu bisa mengisi waktu dengan mencoba bikin prakarya sendiri. Misalnya saja bikin pajangan yang dekoratif dari bohlam lampu yang sudah tidak digunakan.

Caranya mudah, siapkan saja bohlam yang sudah tidak terpakai, tang, kawat/ tali rami dan tanaman gantungnya, atau kalau memang tidak punya tanaman gantung bisa pakai seadanya yang penting tanaman hias.

Keluarkan isi listrik dalam bohlam, kemudian isi air dan masukkan tanaman hiasnya. Nah untuk mempercantik bohlam, bisa dihias dengan kawat/ tali rami di bagian atasnya serta dibuat gantungan.

Mudah dan cantik, bukan?

Nonton Film
Beberapa waktu yang lalu, saya baru saja dapat copy film darama korea lumayan banyak dari teman. Nah karena Drakor itu banyak episodenya, jadi sampai sekarang juga belum bisa selesai nontonnya.

Jadi kalau pas gak ada acara pergi setelah pulang kerja, bisa nyicil buat nonton lagi deh sambil nunggu waktu buka puasa. Teman- teman ada rekomendasi film yang bagus nggak?.

Membaca Buku
Kalau dilihat- lihat, sebetulnya kegiatan sehari- hari selama bulan Ramadan itu gak beda jauh dengan bulan- bulan sebelumnya, tetap kerja seperti biasanya, tetap melakukan aktivitas seperti pada umumnya.

Tapi ngerasa gak sih kalau saat ramadan waktunya jadi lebih selo dan rasanya lebih santai. Buat yang hobi baca, bisa memanfaatkan waktu ngabuburit dengan membaca buku yang masih ada di tumpukkan. Momennya pas untuk menuntaskan buku- buku yang selama ini belum sempat dibaca.


Ikut Pengajian
Ramadan bulan penuh berkah dan ampunan. Di bulan ini ada banyak jadwal pengajian dan ceramah di masjid- masjid tempat kita tinggal, lengkap dengan siapa saja penceramahnya dan tema yang akan dibahas. Jadi bisa tuh buat menjadwalkan diri ikut pengajian ini.

Cara mendaftarnya juga mudah banget, biasanya sih cukup dengan registrasi melalui chat WhatsApp. Ikut pengajian bisa tambah ilmu dan tambah teman juga.

Nah banyak juga ya ternyata kegiatan yang bisa dilakukan saat ngabuburit, selain bermanfaat juga bikin kita gak bosan. Kalau kalian punya kegiatan lain untuk mengisi waktu ngabuburit, share ya!

Selasa, Oktober 30, 2018

Wajib Tahu, Ini Dia yang Dimaksud dengan Perut Kembung

  1 comment    
categories: 
Perut yang sering kembung merupakan kondisi dimana perut terasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas penderitanya. Gelaja penyakit ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Selain menganggu kegiatan, juga dapat menimbulkan penyakit- penyakit lainnya. 

Ketahui Apa yang Dimaksud dengan Perut Kembung
Perut kembung adalah salah satu gangguan pencernaan yang menyebabkan penderita merasa tidak nyaman. Ketika perut kembung, perut akan terasa penuh, kencang, dan bergas. Selain itu, perut juga akan terlihat membesar. Umumnya, keluhan ini terjadi baik pada orang dewasa maupun anak-anak. 

Perut kembung terjadi ketika terdapat gas berlebih pada saluran pencernaan, yaitu lambung dan usus. Gas (flatus) dihasilkan oleh lambung dan usus akibat proses pencernaan makanan menjadi energi. Secara normal orang akan membuang gas limbah yang dihasilkan melalui kentut. Patokan normal membuang gas (kentut) dalam sehari, yaitu antara 6 sampai dengan 20 kali. 

Perut Kembung Bawah Mengakibatkan Banyak Kentut
Ternyata, perut kembung bisa terjadi di bagian atas dan bawah, perbedaaanya seperti berikut ini. Jika kelebihan gas pada lambung atau usus berada di bagian atas, akan mengakibatkan perut kembung, terasa begah, dan sendawa yang berlebihan.

Kemudian, Jika kelebihan gas terjadi pada bagian usus yang lebih rendah dapat mengakibatkan perut kembung dan meningkatkan frekuensi kentut. Selain itu, kelebihan gas pada salah satu lokasi usus dapat menyebabkan kram atau sakit perut, melilit, dan seringkali tanpa pola yang jelas. 

Menelan Udara Mengakibatkan Perut Kembung
Prinsipnya, ketika kita menelan udara, apabila tidak bersendawa, udara akan melewati saluran pencernaan dan dilepaskan melalui anus (kentut).

Hal itu akan berbeda ketika jumlah udara yang ditelan terlalu berlebihan. Kelebihan udara yang melewati saluran pencernaan akan mengakibatkan perut kembung, bisa juga akan cegukan. 

Terjadinya perut kembung bagian atas, biasanya akibat dari gas yang masuk bersamaan dengan menelan makanan, minum, atau mengunyah permen karet.

Makanan yang dapat menyebabkan perut menjadi kembung, jika dikonsumsi berlebihan di antaranya, produk susu yang mengandung luktosa, sayuran seperti brokoli, kol, taoge, mentimun, kacang polong, lobak, dan lain-lain, minuman berkarbonasi, minuman buah, bir, dan anggur merah.

Nah, selain makanan yang telah disebutkan, makanan kegemaran umat, yaitu gorengan, juga dapat mengakibatkan gas berlebihan. 

Baca Juga : Cara mudah mengatasi perut kembung 

Penyebab Perut Kembung yang Serius
Selain menelan udara terlalu banyak, yang biasanya diakibatkan dari hasil aktivitas tubuh. Kali ini ada beberapa penyebab perut kembung yang penting untuk diwaspadai. Pertama adalah sembelit, atau disebut juga konstipasi.

Penyebab lainnya adalah pertumbuhan bakteri yang telalu cepat di usus kecil. Lalu, bisa juga karena naik turunnya hormon, khususnya pada wanita yang sedang mengalami premenstrual syndrome. Terakhir, adanya kondisi medis tertentu seperti giardiasis (parasit usus).

Segera ke Dokter Jika Perut Kembung Tak Kunjung Usai
Jalan terbaik untuk mengatasi perut kembung yang dirasa sangat mengganggu dan bertahan lama, sebelum menjadi lebih buruk, adalah menemui dokter.

Dokter akan melakukan beberapa cara untuk mendiagnosis penyebab perut kembung yang kamu alami. Hal-hal yang dilakukan dokter antara lain, mengevaluasi catatan medis, menilai pola makan, dan melakukan pemeriksaan fisik.

Langkah awal memeriksa perut kembung adalah mengetuk bagian perut. Jika bunyinya lebih nyaring, umumnya merupakan tanda adanya gas pada rongga perut. Pemeriksaan lanjutan akan dilakukan bila dinilai perlu untuk menyingkirkan kondisi medis lainnya. 

Jadi, sudah tau bukan apa yang dimaksud dengan perut kembung? Kenali tandanya dan obati segera. Yuk, lebih peka dengan keadaan diri sendiri!

Rabu, Februari 28, 2018

Cara Mudah Lapor SPT Secara Online

  2 comments    
categories: 
Hai hai, para manusia pemilik kartu NPWP dan yang sadar pajak dimanapun kalian berada. Menjelang bulan Maret ini kalian yang sudah punya EFIN (Electronic Filling Identification Number), pasti dapat e-mail pemberitahuan untuk melaporkan SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) untuk melaporkan pajak kalian, kan. 

Nah, saya sendiri juga dapat emailnya di tanggal 20 Februari yang lalu. Yaudah deh, begitu ada pemberitahuan langsung coba untuk laporan SPT saat itu juga, pokoknya sebelum 16 Maret 2018 kalau gak mau kena denda.

Eh tapi selama 2 hari, kode verifikasi tidak kunjung datang ke emai;. Kemudian saya putuskan untuk menanyakan ke DJP via twitter mengenai masalah teknis ini. 

Eh, kayaknya mereka gercep deh. Besoknya kode verif yang sebelumnya saya klak-klik datang banyak banget, ada 17 kayaknya. 
[Surat cinta]
Ohya, soal EFIN tadi kalian yang punya NPWP tapi selama ini masih laporan tahunan secara offline dengan datang ke KPP, kalian bisa mengajukan permohonan EFIN ya. Caranya mudah banget kok. Pertama, cukup dengan berniat datang ke KPP untuk mau ngurus permohonannya.

Kalau dulu sih saat pengajuan permohonan EFIN saya masih pakai form biasa, nah sekarang semakin dipermudah karena sudah tersedia formulir onlinenya. Silakan cek di sini ---> http://pajak.go.id/sites/default/files/PER_32_PJ_2017_Lampiran.pdf (copas saja karena tidak dilinkkan). Isi secara lengkap datanya, kecuali nomor EFIN ya, soalnya itu nanti diisi sama petugasnya. 

Kemudian datanglah ke KPP terdekat dan tidak bisa diwakilkan ya, kecuali memang kolektif. Ohya, lengkapi juga berkasnya, seperti formulir permohonan EFIN yang sudah diisi tadi, alamat email yang aktif, FC KTP dan KTP asli karena kamu penduduk Indonesia, kalau mau sok jadi WNA boleh aja asal punya KITAS/ KITAP (Kartu Izin Tinggal Terbatas/ Tetap), serta copy NPWP dan tentunya NPWPmu. 

Nah, setelah diproses EFINmu, kamu bisa melakukan aktivasi di link ini https://djponline.pajak.go.id/resendlink. Selanjutnya kamu bisa melakukan lapor wajib pajak secara online. Ribet? Enggak kok.

Nah, kamu kan sudah punya EFIN nih. Jadi gini step by stepnya buat laporan pajak pribadimu. Btw, ini khusus pajak perorangan, ya. Soalnya saya sendiri belum pernah melaporkan pajak yang pendapatan brutonya lebih dari 60 juta.

1. Masuk ke link DJP Online https://djponline.pajak.go.id/account/login. Kemudian isi sesuai dengan NPWPmu dan password yang sudah disetting saat pembuatan EFIN. Isi captha/ capcaynya. Klik login.
[tampak depan]
2. Selanjutnya kamu akan dibawa ke page seperti di bawah ini. Sebelumnya saya sudah pernah melaporkan pajak sebanyak 2 kali. Kalau kamu belum pernah, langsung klik buat SPT.
[seperti ini]
3. Jawab saja pertanyaanya sesuai dengan kondisimu.

[Kalau tidak semua, maka lanjutkan]

4. Saya tidak memiliki usaha atau melakukan pekerjaan bebas, bukan istri atau suami karena saya belum menikah dan saya perempuan, dan satu lagi penghasilan bruto saya kurang dari 60 juta dalam setahun. Jadi saya dipersilakan untuk mengisi form 1770SS. Macam- macam formulir pajak bisa digoogling ya.
[Form 1770SS]
5. Selanjutnya kamu ikuti saja untuk mengisi datanya, pajak tahun berapa, status SPT normal atau pembetulan kemudian klik selanjutnya.
[begitu]

6. Kalau sudah isi saja sesuai penghasilanmu dalam satu tahun. Misalnya gajimu 4 juta/ bulan. Yasudah 12x4 = 48 juta dan seterusnya. Nah, disini nanti kamu bisa milih statusmu untuk menentukan PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak). Kalau saya belum menikah dan belum ada yang ditanggung jadi PTKPnya 54 juta.

Sepemahaman saya, kalau penghasilan saya masih di bawah 54 juta maka pajak akan nihil.
[Isi saja sesuai dengan kondisi]
7. Sudah siap semua? Sekarang SPTmu sudah siap dikirim ke Direktorat Jendral Pajak. Kamu cukup klik untuk mendapatkan verifikasi kode dan kode tersebut akan dikirim ke emailmu. Nah nantinya masukin aja ke formnya. Terus klik sent.
[Masih nihil cuuy]
Tidak menunggu waktu lama, sebuah surat cinta dari e-filling akan mendarat dengan cantik di email yang sudah kamu daftarkan.
 Masih jadi sobat misqin jadi SPTnya nihil. Hahaha.

Mudah bukan? Dengan begini kamu gak perlu datang dan berdesakkan di kantor pajak untuk melaporkan SPTmu. Hemat waktu, hemat tenaga juga. 

Semoga bermanfaat.