4 Amalan yang Pahalanya Dilipatgandakan Saat Ramadan

Mei 24, 2019

[Dibuat dengan Canva]
Bulan ramadan adalah bulan yang istimewa, istimewanya bisa dalam bentuk yang macam- macam. Buat yang memeluk agama islam minimal tahu mengenai hal ini. Seperti pahala yang dilipatgandakan, bulan penuh ampunan, pintu surga yang dibuka lebar, dan lain- lain.
Maka dari itu, gak heran kalau banyak yang berlomba untuk berbuat kebaikan di bulan suci ini. Ibaratnya, di bulan ramadan ini banyak bonus yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat Nya.
Namun semua itu kembali lagi kepada Sang Maha Cinta, tulisan ini hanya sedikit memberikan gambaran saja.  والله أعلمُ.
Ada 4 amalan yang pahalanya dilipat gandakan saat bulan ramadan antara lain, adalah:
Puasa
Namanya juga bulan ramadan, ibadah yang hukumnya wajib adalah saum. Saum sendiri artinya adalah menahan diri dari makan dan minum, serta segala perbuatan yang sekiranya akan membatalkan puasa, dengan syarat tertentu. Waktunya mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. 
Saum atau puasa itu bukan hanya sekedar menahan makan dan minum saja, namun juga harus menjaga diri dari hawa nafsu serta perbuatan yang dilarang. Pernah membaca di buku agama, di sana tertulis saat berpuasa, amalan baik yang kita lakukan otomatis akan dilipatgandakan, serta dosa kita yang telah lalu akan diampuni.
Salat Malam
Saat bulan ramadan, banyak yang menganjurkan kita untuk melakukan salat sunnah malam. Utamanya adalah tarawih, witir dan tahajud. Keutamaan tahajud sendiri adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Istilahnya sih PDKT kepada sang pencipta lebih masif. Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, hati kita akan lebih tenang dan tentram. 
Membaca Kitab Suci AlQuran
Percaya atau tidak, saat bulan ramadan waktu terasa lebih longgar dan ada banyak waktu untuk melakukan hal lain, seperti misalnya menghatamkan AlQuran. Saya punya cukup waktu mungkin karena sebagai anak kantoran, jam kerjanya juga sedikit berkurang. 
Saat ramadan, membaca AlQuran juga menjadi salah satu amalan yang pahalanya berlipat dan sayang sekali kalau dilewatkan. Bahkan saat membaca satu ayat saja, kita sudah boleh dapat bonus pahala. AlQuran sendiri diturunkan pada bulan ramadan. 
Ada salah satu firman Allah SWT pada QS. Al-Baqarah:185 yang berbunyi "Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi umat manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu, serta pembeda antara yang hak dan batil."
Sedekah
Amal jariyah kita selama hidup salah satunya adalah dengan bersedekah, amalan ini akan mengalir terus meskipun kita sudah meninggal dunia. Manfaat sedekah ini juga dapat menghapus dosa- dosa kita. Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api. Namun kalau ditanya, dosa seperti apa yang dihapus? Hanya Allah yang Maha Tahu.
Jadi itu tadi empat amalan yang pahalanya dilipatgandakan saat ramadan, jadi yuk mari berlomba untuk mendapatkan bonus dari Allah ini. 
“Setiap amal anak adam dilipatgandakan pahalanya. Tiap satu kebaikan, dilipatkan 10 kali lipat hingga 700 kali lipat.” (HR Bukhari Muslim).

You Might Also Like

1 comments

  1. Waah, musti dilakukan tuh, biar mencapai kemenangan yg hakiki di hari raya nanti. Good
    Salam hangat :-)

    BalasHapus

Keep Blogwalking!

BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

KUMPULAN EMAK BLOGGER

BLOGGERHUB