Penting Ga Penting Beli Baju Baru untuk Lebaran

Mei 29, 2019

[Dibuat dengan Canva]
“Baju baru Alhamdulillah, dipakai di hari raya, tak punyapun tak apa-apa, masih ada baju yang lama”

Keingat sama lagu ini terus tiap mau jelang lebaran. Kayaknya dulu waktu masih kecil, beli baju buat lebaran itu semacam suatu ritual wajib dan gak boleh dilewatkan. Kalau baju udah baru, sepatu sandalnyapun juga harus baru. Karena gak lengkap kalau yang 1 baru dan yang satu enggak.

Kegiatan beli baju baru untuk lebaranpun berulang setiap tahun dan gak pernah absen. Hal ini jadi suatu kebiasaan yang bikin kami sebagai anak kecil berpikir “ini kan lebaran, jadi wajib dong punya baju dan sepatu sandal baru”.

Tapi akhirnya, pernah suatu ketika keuangan keluarga kami sedang buruk jelang lebaran karena suatu hal yang tak terduga, seingat saya waktu itu masih kelas 2 SMA. Disitu titik balik saya dan adik mulai tidak menuntut ibu untuk beli baju baru untuk lebaran.

Kami mulai maklum, bahwa baju kan bisa dibeli kapan aja, gak harus nunggu saat lebaran juga bisa. Toh juga sebelum- sebelumnya kami sering beli baju.

Syukur gak lama setelah itu, keuangan keluarga kami mulai membaik dan kembali seperti biasanya. Namun ada satu hal yang berbeda, yaitu cara berpikir saya terhadap makna lebaran.

Ternyata lebaran gak wajib kok beli baju dan sepatu sandal baru, sama kayak lagunya  Dea Ananda itu, “ tak punyapun tak apa-apa, masih ada baju yang lama”.

Jadi makin kesini saya udah mulai jarang banget beli baju waktu mau lebaran. Apalagi semenjak sudah kerja, beli baju bisa kapanpun semau saya.

Tapi meski gak lagi ikut tradisi beli baju baru untuk lebaran, saya juga rajin sih cek beberapa e-commerce ngintip baju kayak apa sih yang lagi hits di tahun 2019 untuk lebaran.

Meski ada hasrat pengen beli tapi saya urungkan niat belinya. Takut gak nyampe bajunya karena udah overload di pengiriman. Nah kalau disuruh belanja offline ke toko, apalagi kalau pas puasa itu saya malas banget. Jadi tahun ini saya gak beli baju baru. Uangnya mau ditabung aja buat jalan- jalan saat libur lebaran. Hehe.

Dulu beli baju lebaran penting banget buat saya, namun sekarang penting gak penting. Seperlunya aja. 

You Might Also Like

1 comments

  1. Bekas atau pun baru, yg terpenting adalah fungsi dab kegunaan dari baju itu. Disitu saja sih, nais :)

    BalasHapus

Keep Blogwalking!

BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

KUMPULAN EMAK BLOGGER

BLOGGERHUB